Find Us On Social Media :

Diyakini Bisa Memperpanjang Umur, Faktanya 3 Kebiasaan Minum Kopi Ini Justru Malah Berdampak Buruk sampai Timbulkan Risiko Kematian!

By Annisa Dienfitri, Senin, 3 Januari 2022 | 07:25 WIB

Ilustrasi kopi

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Dienfitri

Grid.ID - Kopi merupakan satu minuman wajib bagi sebagian besar masyarakat di Tanah Air.

Tak jarang, kopi menjadi minuman yang dinikmati di pagi hari sebagai pelengkap menu sarapan.

Selain efeknya yang mampu membangkitkan semangat, kopi juga memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Bahkan, rutin meminum kopi disebut bisa memperpanjang umur seseorang.

Melansir Kompas.com dari jurnal Circulation, orang yang minum 1-5 cangkir kopi per hari memiliki rentang hidup lebih lama dibandingkan dengan yang sedikit atau tidak minum kopi sama sekali.

Para peneliti melaporkan minum 1-3 cangkir kopi per hari dikaitkan dengan penurunan 15 persen risiko kematian.

Para peneliti percaya bahwa antioksidan, kafein, dan senyawa bioaktif lain dalam kopi membantu meningkatkan kadar glukosa darah, serta kesehatan kardiovaskular.

Baca Juga: Pecinta Kopi Kekinian Pasti Ketar-ketir Kalau Tahu, Satu Bahan dalam Minuman Kafein Ini Ternyata Bisa Jadi Bumerang Buat Tubuh, Tolong Stop Mulai Sekarang!

Studi terbaru menunjukkan kafein dan asam lemak dalam kopi dapat bekerja sama untuk membantu melindungi neuron di otak dari beberapa indikator ciri penyakit parkinson.

Selain itu, menurut studi review yang diterbitkan Neurological Research, konsumsi kopi berbanding terbalik dengan risiko penyakit alzheimer.

Hal itu menunjukkan bahwa peminum kopi mengalami 30 persen pengurangan risiko penyakit alzheimer dibandingkan dengan yang tidak minum kopi sama sekali.