Find Us On Social Media :

Jangan Mau Hidup Bak ‘Gali Lubang Tutup Lubang’, Begini Tips Agar Terbebas dari Kebiasaan Berhutang, Semua Orang Bisa Mempraktikkannya

By Ragillita Desyaningrum, Minggu, 16 Januari 2022 | 10:10 WIB

Kebiasaan berhutang dapat menimbulkan dampak bagi kondisi finansial hingga psikologis. Begini cara membebaskan diri dari kebiasaan buruk ini.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Kamu pasti sering mendengar peribahasa ‘gali lubang tutup lubang’.

Istilah ini sering megacu pada praktik berhutang di mana seseorang melakukan pinjaman untuk membayar hutangnya.

Dengan kata lain, hutang orang ini tidak akan habis karena ia terus-terusan melakukan pinjaman.

Sebenarnya ada banyak pemicu seseorang berhutang, termasuk ketidakmampuan kontrol diri dan manajemen diri yang baik.

Dikutip dari Kompas.com, menurut praktisi psikologi, Hening Widyastuti mengungkapkan bahwa gaya hidup mewah juga ikut mempengaruhi.

“Kalau memang memiliki kemampuan manajemen diri yang baik, dia pasti mampu memisahkan antara emosi, rasa, dan logika. Mampu memilah apa yang menjadi prioritasnya,” kata Hening.

Selain perilaku konsumtif, orang yang berhutang juga bisa dipengaruhi oleh pendapatan yang tidak mencukupi hingga pengaruh dari teman atau iklan.

Praktik berhutang yang menjadi kebiasaan tentunya sangat tidak baik karena dapat menyebabkan masalah finansial yang sangat serius.

Sayangnya, menurut dosen ilmu keluarga dan konsumen IPB, Lilik Noor Yulianti, sindrom hutang sudah mendarah daging bagi banyak keluarga di Indonesia.

Baca Juga: Kepepet Butuh Pinjaman Online? Simak Dulu Tips Memilih Platform Pinjol yang Aman yuk

Kebiasaan berhutang dapat menimbulkan dampak psikologis seperti stress, gelisah, depresi, tidak fokus bekerja, hingga bunuh diri.