Find Us On Social Media :

Nyesel Baru Tahu! Melakukan Hal Ini Saat Perayaan Imlek 2022 Bisa Ketiban Sial Sepanjang Tahun, Simak Sebelum Kejadian Buruk Menghampiri!

By Novia, Kamis, 20 Januari 2022 | 14:29 WIB

Aktivitas saat perayaan Imlek

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri AstutiGrid.ID - Perayaan tahun baru Imlek 2022 tentu menjadi momen yang paling dinanti-nanti.Apalagi, bagi mereka yang merayakan Imlek 2022 atau 2573 ini.Seperti diketahui, Imlek 2022 ini akan jatuh pada 1 Februari mendatang.Tinggal hitungan hari, sudahkah kalian mempersiapkan diri?Ya, bicara tentang Hari Raya Imlek, ternyata ada hal yang harus dihindari loh!Hal ini untuk menjauhi nasib sial dan kejadian-kejadian buruk.Lantas, apa saja aktivitas yang menjadi pantangan pada perayaan Imlek?Dikutip Grid.ID dari TribunJogja.com dan Kompas.com, Kamis (20/1/2022), inilah aktivitas yang bisa mendatangkan nasib sial bila dilakukan pada saat perayaan Imlek.

Baca Juga: Imlek 2022 Jadi Tahun Macan Air, Yuk Ketahui Maknanya yang Dikaitkan dengan Kekuatan

Dikutip dari 'Hari-hari Raya Tionghoa' karangan Marcus A.S, berikut 6 aktivitas yang pantangan dilakukan pada saat menyambut Imlek.1. Membersihkan RumahMembersihkan rumah ada sebaiknya dilakukan sebelum Imlek datang.Sebab, jika pada hari perayaan Imlek baru membersihkan rumah, hal ini diyakini menjadi hal fatal.Menurut kepercayaan China kuno, aktivitas bersih-bersih rumah bisa membuat rezeki ikut tersapu dan hilang.2. Menutup PintuMenutup pintu juga pantang dilakukan pada saat Imlek berlangsung.Menurut keyakinan, malam sebelum Imlek tiba membuka pintu dan jendela di seluruh rumah menjadi hal yang wajib.Hal ini guna untuk menyambut hoki dan rezeki yang akan berdatangan bersamaan dengan pergantian tahun.Meski demikian, kepercayaan ini sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat di perkotaan.3. Membuka TokoBagi kalian yang memiliki toko, melakukan aktivitas jual beli pada Hari Raya Imlek turut menjadi pantangan.

Baca Juga: Sambut Imlek 2022, Konsultan Fengshui Ungkap Dua Shio Ini Kurang Beruntung Perihal Asmara, Ada yang Mudah Terlibat Pertengkaran!

Menurut keprcayaan China terdahulu membuka toko setelah lima hari merayakan Imlek akan lebih baik.Bukan tanpa sebab, tanggal Cia-gwee ce go atau lima hari setelah Imlek diyakini sebagai hari kelahiran Dewa Kekayaan, Chai Shen.Ini artinya, membuka toko setelah 5 hari perayaan imlek diyakini akan mendatangkan hoki berlimpah.4. Makan BuburTak sampai disitu saja, makan bubur atau makan berkuah di Hari Raya Imlek juga tidak disarankan.Sebab, ada kepercayaan yang kurang baik terkait aktivitas tersebut.Makan bubur saat merayakan Imlek, diyakini membuat rezeki menjadi surut.Hal ini berkaitan dengan tekstur bubur yang encer dan melambangkan rezeki buruk.5. MenangisMenangis di Hari Raya Imlek sebaiknya juga dihindari.Sebab, menangis menjadi lambang kesedihan dan hukuman, terutama bagi anak-anak.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Imlek 2022, Yuk Simak Keberuntungan Shio Kamu Lewat Buku “Peruntungan Shio di Tahun Macan Air 2022” Ini

Jika ada anak yang menangis, hal tersebut dipercaya dapat membawa peruntungan buruk bagi keluarga.6. KeramasMencuci baju dan keramas juga menjadi hal yang sebaiknya tidak dilakukan.Apalagi, dua hari setelah perayaan Imlek.Sebab, dua hari tersebut diyakini sebagai hari ulang tahun Shuishen atau Dewa Air.Dalam bahasa China, rambut memiliki pengucapan dan karakter yang sama dengan fa di dalam fa cai, yang berarti 'untuk menjadi kaya'.Jadi, keramas diibaratkan seperti menghapus atau mengurangi keberuntungan sepanjang tahun berikutnya.

(*)