Find Us On Social Media :

Ibu Kota Baru Nusantara Bakal Ada di Sini, Ini Dia Pulau Manimbora, Wisata Hidden Gem di Kalimantan Timur yang Unik Menyimpan Tumpukan Tulang Manusia

By Devi Agustiana, Sabtu, 29 Januari 2022 | 17:16 WIB

Melihat Pulau Manimbora, hidden gem di Kalimantan Timur dekat ibu kota baru Nusantara.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Sudah diputuskan bahwa Ibu Kota baru Indonesia akan berada di Kalimantan Timur.

Mengutip Kontan.co.id, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan, ibu kota baru di Kalimantan Timur akan bernama "Nusantara".

Hal tersebut diungkap Suharso dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2022).

"Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden yaitu pada hari Jumat. Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara," kata Suharso.

Ibu kota baru Nusantara akan berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU, Provinsi Kalimantan Timur.

Otomatis, Kalimantan Timur menjadi provinsi yang sentral di Indonesia.

Dirangkum Grid.ID dari Kompas.com, ternyata Kalimantan Timur juga memiliki sejumlah tempat wisata unggulan yang bisa menjadi pilihan bagi masyarakat.

Di antara wisata unggulannya seperti Pantai Sekerat, Air Terjun Kedang Ipil, Museum Mulawarman, Desa Budaya Pampang, Kepulauan Derawan, sampai Islamic Center Samarinda.

Kali ini kita akan membahas Pulau Manimbora, hidden gem di Kalimantan Timur yang sangat unik karena menyimpan misteri kumpulan tulang manusia, loh.

Baca Juga: Ibu Kota Resmi Pindah ke Kalimantan Timur, Intip 5 Destinasi Wisata Menarik di Penajam Paser Utara

Berada di Ampen Medang, Batu Putih, Kabupaten Berau, Pulau Manimbora ini juga mendapat julukan sebagai Pulau Spongebob atau Spongebob Island.