Find Us On Social Media :

Isi Wasiat Dorce Gamalama Minta Dimakamkan Sebagai Perempuan, Ustaz Solmed: Kalau Wasiat yang Bertentangan dengan Syariat Tidak Boleh Diikuti!

By Menda Clara Florencia, Senin, 31 Januari 2022 | 08:50 WIB

Ustaz Solmed saat ditemui di kediamannya, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (6/10/2021).

Laporan Wartawan Grid.ID, Menda Clara Florencia

Grid.ID - Dorce Gamalama kukuh dalam wasiatnya untuk diperlakukan seperti wanita ketika dia meninggal nanti.

Pernyataan itu pun langsung mendapat respons pro dan kontra.

Ustaz Solmed pun memberikan tanggapannya soal wasiat Dorce Gamalama.

Dalam penjelasannya, dia menekankan Dorce Gamalama masuk dalam kategori apa ketika memutuskan mengubah penampilan dan menjadi perempuan.

Kata Solmed, ada kaum khuntsa, yaitu mereka yang diperbolehkan memilih jenis kelamin karena lahir dengan dua alat kelamin.

Ketika dewasa mereka diperbolehkan untuk memilih salah satu jenis kelamin yang paling dominan.

Penjelasan lainnya dari kaum khuntsa adalah ketika seseorang lahir dengan salah satu jenis kelamin, namun memiliki organ yang identik dengan jenis kelamin lainnya.

Atau Dorce masuk dalam kategori di luar penjelasan khuntsa yang ditetapkan para ahli fikih.

Baca Juga: Wasiat Dorce Gamalama Minta Agar Saat Meninggal Nanti Jenazahnya Diperlakukan Layaknya Wanita, Ustaz Solmed: Udah Meninggal Mah Enggak Ada Urusan, Itu Kewajiban yang Masih Hidup

“Tapi kalau laki kemudian merasa perempuan, atau perempuan merasa laki-laki tanpa ada kaidah-kaidah hukum yang dibenarkan oleh agama ya tentu kembali ke kodrat awal,” terang Ustaz Solmed kepada Grid.ID melalui sambungan telepon, Minggu (30/1/2022).

Terkait hal ini, Ustaz Solmed dengan tegas mengatakan, jika wasiat itu bertentangan dengan ajaran agama, tidak diperkenankan untuk digenapi.