Find Us On Social Media :

Gramedia Gandeng Sejumlah Seniman untuk Berkolaborasi Ciptakan Produk Sepatu dan Lelang Sepeda di Event Ulang Tahun ke-52

By Hana Futari, Senin, 31 Januari 2022 | 13:35 WIB

Konferensi pers Ulang Tahun Gramedia ke-52 di Gramedia World Emerald Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (31/1/2022).

Laporan Wartawan Grid.ID, Hana Futari

Grid.ID - Gramedia menggandeng sejumlah seniman lokal dalam menciptakan produk merchandise ulang tahun yang ke-52.

Merchandise yang diproduksi Gramedia bersama NAH Project berbentuk sneakers kekinian.

Dalam memproduksi sneakers tersebut Gramedia bekerja sama dengan NAH Project sebagai produsen.

Selain NAH Project, Gramedia juga menggandeng seniman lokal asal Bali bernama Monez.

"Waktu kita tentukan kampanye apa yang akan kita lakukan di ulang tahun ke-52, akhirnya kita memutuskan untuk kolaborasi," ujar Made Ruswidhi, General Manager Gramedia, dalam sesi konferensi pers Ulang Tahun Gramedia ke-52 di Gramedia World Emerald Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (31/1/2022).

"Kalau dibilang kolabroasi ini semua serba ekspres. Kita ketemu dengan tim Rekata lagi melukis di Palmerah lalu kita brainstorming," terang Made Ruswidhi.

Made Ruswidhi pun menerangkan proses Gramedia berkolaborasi dengan NAH Project dan Monez dalam memproduksi sneakers.

"Di sneakers kita lihat ada NAH Project, lalu kita meeting ke Bandung, tentukan timeline, tentukan sneakers yang saat ini seperti apa," terangnya.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun ke-52, Gramedia Manjakan Customer dengan Promo Menarik Serba 52

San Theresia, Creative Director NAH Project, memaparkan bahwa awalnya terdapat keraguan ketika diajak berkolaborasi dengan Gramedia.

Namun pada akhirnya pihaknya menerima kolaborasi tersebut setelah bergabungnya seniman Monez.

Dari kolaborasi tersebut, terciptalah produk sneakers yang terlihat kental akan seni.

"Sebenarnya di awal kita ada ragu sedikit ada gap di produk kita dan produk Gramedia. Kita agak sulit nabrakinnya," cerita San Theresia.

"Enggak lama, datang ide lagi dari Gramedia. Jadi diajakin juga seniman. Di situ kita mulai agak masuk. Ketika punya produk sepatunya ada art-nya jadi lebih baik," lanjut San Theresia.

Selain menciptakan produk sepatu sebagai merchandise Hari Ulang Tahun Gramedia ke-52, ada pula lelang sepeda London Taxi.

Uniknya, sepeda tersebut dilukis oleh tangan ilustrator ternama Emte alias Muhammad Taufiq.

"Mas Emte ada kolaborasi drawing di sepeda yang kita lelang," ujar Made Ruswidhi.

Emte pun menerangkan proses kolaborasi yang dia lakukan bersama Gramedia.

Baca Juga: Sambut Ulang Tahun ke-52, Gramedia Kolaborasi dengan Seniman Lokal Gelar Acara Online Virtual Festival 2022: Gramedia Tanpa Batas

"Awalnya diajak kerja sama saya sebagai seniman. Buat saya kolaborasi itu sesuatu yang seru dan ada tantangannya," kata Emte.

"Buat saya sebagai seniman kerja dengan macam-macam medium. Ketika kolaborasi, kita tidak tahu mediumnya apa. Itu yang membuat saya tertantang, penasaran dan tertarik," terangnya.

Selain itu, Emte juga menerima kolaborasi ini lantaran ada misi sosial dari aksi lelang sepeda tersebut.

"Ini juga ada misi charity juga. Saya merasa sebagai seniman ada kontribusi ke masyarakat," tutupnya.

Hasil dana dari pelelangan sepeda ini akan disumbangkan ke dunia pendidikan Indonesia.

Dalam kolaborasi ini, Made Ruswidhi pun berharap Gramedia ke depannya bisa menjadi wadah para seniman mentransformasikan inspirasi dalam bentuk yang konkret.

"Apa pun inspirasi yang penting transformasi ke bentuk yang konkret. Kita harapkan ini menjadi wadah untuk menuangkan ide," tutup Made Ruswidhi.

(*)