Find Us On Social Media :

Kembali WFH Karena Pandemi? Yuk, Intip Tips untuk Tingkatkan Produktivitas Berikut Ini

By Fathia Yasmine, Jumat, 11 Februari 2022 | 10:13 WIB

Ilustrasi produktif saat WFH

Grid.ID – Hingga saat ini, pandemi Covid-19 belum usai. Terbaru, pemerintah Indonesia menginformasikan bahwa kasus positif harian kembali naik akibat meluasnya penularan varian Omicron.

Peningkatan kasus positif harian membuat banyak perusahaan yang sudah menerapkan sistem kerja hybrid, kembali meminta karyawan work from home (WFH) sepenuhnya.

Meski karyawan sudah terbiasa menavigasi semua pekerjaan dan rumah, tidak dapat dimungkiri bahwa sistem WFH memberi tantangan dalam hal produktivitas.

Pasalnya, situasi rumah tidak sama dengan kantor. Kegiatan masing-masing anggota keluarga dapat saling bersinggungan sehingga menimbulkan gangguan.

Baca Juga: Boyong 27 Bukti dan 3 Orang Saksi Demi Hak Asuh Gala Sky, Haji Faisal dan Dewi Zuhriati Tak Temui Doddy Sudrajat, Kuasa Hukum: Sudah Disampaikan...

Suasana rumah yang lebih santai pun memberi godaan untuk bermalas-malasan. Selain itu, ketersediaan perangkat kerja dan teknologi di rumah tentu akan lebih minimalis.    

Namun, kamu tetap bisa mengupayakan agar kerja tetap produktif, meski WFH. Caranya dengan memaksimalkan fungsi gadget yang dijadikan sebagai teman kerja.

Dengan cara ini, kamu bisa membuat waktu kerja tetap efektif dan efisien sehingga pekerjaan jadi cepat selesai.

1. Gunakan fitur parental control

Fitur parental control umumnya digunakan orang tua untuk membatasi penggunaan aplikasi oleh anak saat bermain gadget. Menariknya, meski ditujukan bagi anak-anak, fitur ini tetap bisa dimanfaatkan orang dewasa agar tidak sering mengecek media sosial.

Baca Juga: Atta Halilintar Sebut Thariq Susah Percaya pada Cewek Sebelum Kenal Fuji, Chika Nggak Meyakinkan?

Bagi kamu yang khawatir menghabiskan waktu dengan membuka portal berita atau gosip, kamu juga bisa mengunduh aplikasi untuk memblokir akses ke situs web tertentu. Dengan membatasi akses hiburan pada gadget, kamu bisa tetap fokus dan disiplin bekerja.