Find Us On Social Media :

Bukan Ustaz Maupun Kiai, Inilah Sosok Pemimpin Kelompok Tunggal Jati Nusantara yang Menggelar Ritual Maut di Pantai Payangan Jember

By Citra Widani, Selasa, 15 Februari 2022 | 07:21 WIB

Polres Jember dan Tim Basarnas melakukan penyelidikan terkait kasus ritual di pantai Payangan, Jember, Jawa Timur.

Laporan wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Belakangan, warganet digemparkan oleh adanya ritual di Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur, dari sebuah kelompok bernama Tunggal Jati Nusantara, Minggu (13/2/2022).

Pemimpin kelompok Tunggal Jati Nusantara diketahui bernama Hasan, yang selamat dalam insiden tragis yang menewaskan 11 orang anggotanya.

Kelompok Tunggal Jati Nusantara diketahui memusatkan kegiatannya di Desa Dukuh Mencek, Kecamatan Sukorambi, Jember, Jawa Timur.

Kepala Desa Mencek Nanda Setiawan mengutarakan kesaksiannya terhadap Hasan yang ternyata bukan merupakan seorang ustaz maupun kiai.

Hasan yang mendirikan kelompok tersebut dikatakan pernah merantau ke Malaysia untuk waktu yang lama, dan kembali lagi ke Indonesia pada 2014.

"Cukup lama dia di Malaysia, sekitar 2014 datang," ujar Nanda, dikutip dari Kompas.com, Senin (14/2/2022).

Lebih lanjut, Nanda mengatakan bahwa Hasan memiliki beberapa pekerjaan, di antaranya seperti menjadi MC acara dangdut, hingga berjualan online.

"Kerjanya kadang-kadang MC dangdut, sementara ini jual online kayak tisu," tutur Nanda.

Baca Juga: Anaknya Jadi Korban Ritual Maut di Pantai Payangan, Ibu Ini Ungkap Perubahan sang Buah Hati Selama Jadi Jamaah Tunggal Jati Nusantara, Sebut Inginkan Ketenangan

Perkumpulan kelompok ini digelar di ruang tamu kediaman Hasan.

Di bagian depan rumah, tertulis kaligrafi berbunyi Tunggal Sejati Nusantara.