Find Us On Social Media :

Jarang Diketahui Orang, Inilah Fakta Candi Borobudur Alias Candi Buddha Terbesar yang Resmi Menjadi Tempat Peribadatan Dunia

By Ragillita Desyaningrum, Selasa, 15 Februari 2022 | 08:58 WIB

Candi Borobudur dan tiga candi lainnya resmi menjadi tempat peribadatan umat Hindu dan Buddha di dunia.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.IDCandi Borobudur yang dikenal sebagai candi Buddha terbesar, resmi menjadi tempat peribadatan dunia.

Tak hanya Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Pawon dan Candi Mendut juga resmi menjadi tempat ibadah umat Hindu dan Buddha dari seluruh dunia.

Seperti yang kita ketahui, keempat candi tersebut lebih banyak digunakan untuk kepentingan penelitian, kebudayaan dan pariwisata selama ini.

Melansir Kompas.com, hal ini disepati melalui penandatanganan Nota Kesepakan Pemanfaatan Candi Prambanan dan Candi Borobudur untuk kepentingan Agama Umat Hindu dan Umat Buddha Indonesia dan Dunia.

"Kami harapkan candi-candi ini bisa jadi tempat ibadah umat Hindu dan Buddha di Indonesia dan dunia," kata Koordinator Staf Khusus Menteri Agama, Adung Abdul Rochman saat konferensi pers usai acara penandatanganan nota kesepakatan di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (11/02/2022), dikutip dari Kompas.com.

Sebagai informasi, Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, dan menjadi candi Buddha terbesar di dunia.

Bukan hanya menjadi tempat sejarah, Candi Borobudur juga menyimpan beberapa fakta unik yang jarang diketahui orang.

Mengutip Bobo.id, inilah beberapa fakta Candi Borobudur yang bisa membuatmu berdecak kagum.

Baca Juga: Bagian Atas Candi Borobudur Tidak Lagi Dibuka untuk Wisatawan, Zaskia Adya Mecca Justru Merasa Bersyukur Karena Hal Ini

Didirikan pada Dinasti Syailendra

Sejarah mengungkapkan bahwa pembangunan candi ini dimulai sekitar abad ke-8 dan ke-9 atau sekitar 800 Masehi oleh Dinasti Syailendra.