Find Us On Social Media :

Pameran Garis-garis Ipong Purnama Sidhi Akan Digelar Sebagai Penghormatan 100 Hari Berpulangnya Sang Seniman

By Winda Lola Pramuditta, Rabu, 16 Februari 2022 | 15:36 WIB

Pameran bertajuk 'Garis-garis Ipong Purnama Sidhi' akan diselenggarakan sebagai penghormatan 100 hari berpulangnya sang seniman.

Grid.ID - Pameran bertajuk "Garis-garis Ipong Purnama Sidhi" akan diselenggarakan sebagai penghormatan untuk seniman sekaligus kurator Bentara Budaya, Ipong Purnama Sidhi.

Pameran ini juga bertepatan dengan 100 Hari berpulangnya sang seniman.

Pembukaan dapat disaksikan secara virtual atau daring pada Kamis, 17 Februari 2022, pukul 19.00 WIB di kanal Youtube Bentara Budaya.

Ipong Purnama Sidhi berpulang pada 9 November 2021 dalam usia 66 tahun.

Seniman kelahiran tahun 1955 di Yogyakarta tersebut dikenal pula sebagai pelukis, pegrafis, ilustrator, juga penulis seni rupa. Ia pernah menjabat Kepala Bentara Budaya Jakarta.

Ipong menyelesaikan studi seni rupa di Jurusan Seni Lukis, Sekolah Tinggi Seni Rupa ASRI (sekarang Institut Seni Indonesia ISI) Yogyakarta, di tahun 1981.

Ia kemudian memulai karir sebagai desainer buku di penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) tahun 1982 hingga 1990.

Salah satu karya ilustrasinya yang paling dikenal yakni sampul buku Chairil Anwar: Aku Ini Binatang Jalang (GPU).

Tahun 1990-1995 Ipong sempat menjadi ilustrator tetap setiap cerpen yang dimuat di Kompas Minggu.

Baca Juga: Sidang Penetapan Perwalian Gala Sky Andriansyah Ditunda Gara-gara Tim Kuasa Hukum Doddy Sudrajat Positif Covid-19

Pameran kali ini akan menghadirkan sejumlah lukisan terpilih Ipong Purnama Sidhi yang dicipta pada periode tahun 2000-an, termasuk sketsa-sketsanya untuk cerpen, serta karya-karya grafis yang sempat dikreasinya sewaktu residensi di Konsthogskolan (Royal University) di Stockholm, Swedia (1966).

Tidak ketinggalan, dipamerkan pula beberapa kreasi lukis di atas keramik karya Ipong berkolaborasi dengan putrinya yang juga seniman keramik, Sekar Puti Sidhiawati.