Find Us On Social Media :

Induk Perusahaan Shopee Luncurkan Sea Labs, Siap Buka Peluang Bagi 1.000 Talenta Digital

By Yussy Maulia, Rabu, 2 Maret 2022 | 08:35 WIB

Presiden Joko Widodo bersama talenta digital Indonesia yang berkarier di perusahaan teknologi global, Sea Group.

Grid.ID – Induk perusahaan yang menaungi Shopee, Sea Group, meluncurkan Sea Labs Indonesia yang diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (1/3/2022).

Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud) Nadiem Makarim, serta Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki.

Sea Labs Indonesia yang berlokasi di Gedung Pacific Century Place, Jakarta, merupakan pusat pelatihan bagi para talenta digital bangsa untuk belajar sekaligus berkarya di perusahaan teknologi global, seperti perusahaan-perusahaan yang dinaungi Sea Group. Adapun salah satu perusahaan yang berada di bawah naungan Sea Group di Indonesia adalah Shopee.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan, kehadiran Sea Labs Indonesia diharapkan mampu mencetak talenta-talenta digital baru untuk mendorong ekonomi digital Indonesia.

Baca Juga: Cuan Meroket 100 Kali Lipat Bersama Shopee, Ini Kisah Sukses Brand Lokal Torch

“Kontribusi ekonomi digital Indonesia pada tahun 2030 (diprediksi) akan naik sebesar 8 kali, yaitu mencapai Rp 4.531 triliun,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga berharap Sea Labs Indonesia dapat membantu menumbuhkan potensi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui serangkaian inovasi dari para talenta digital yang dibina.

Jokowi pun mencontohkan dua pelaku UMKM yang berhasil berkembang berkat bantuan teknologi digital, yakni founder dan CEO Akang Group Dendi Sepsaditri dan pemilik LEAF Official Yoppy Setiadi.

Kedua pelaku UMKM tersebut mengaku, berkat memanfaatkan teknologi yang hadir di Shopee dan ShopeeFood, mereka dapat menjalankan dan memperluas bisnis mereka dengan mudah lewat satu platform.

Baca Juga: Dukung Perkembangan Industri Fashion di Indonesia, Shopee Hadirkan Kampanye 3.3 Fashion Sale

Kehadiran teknologi dan inovasi tersebut tidak terlepas dari peran para talenta digital bangsa yang bekerja di balik layar, seperti Engineering Manager and Tech Lead Shopee Singapura Edwin Candinegara dan Head of Engineering Growth Shopee Adhyan Arizki.