Find Us On Social Media :

Viral Mumi Putri Duyung dari Samudra Pasifik yang Misterius, Pakar dan Ilmuwan Berikan Komentar serta Ungkap Hal Mengejutkan Ini!

By Annisa Marifah, Minggu, 6 Maret 2022 | 07:33 WIB

Misteri mumi putri duyung yang viral

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Marifah

Grid.ID — Salah satu tokoh Putri Disney yang terkenal adalah sosok gadis berambut merah bernama Ariel.

Tak disangka Ariel terinspirasi dari salah satu makhluk mitologi putri duyung yang lekat dalam budaya masyarakat di pesisir pantai.

Tak hanya di luar negeri, di Indonesia sendiri juga banyak masyarakat yang mempercayai mitos putri duyung ini.

Melansir Kompas.com, Arkeolog dari Balai Arkeologi Papua Hari Suroto menemukan ukiran bermotif putri duyung di Kampung Dondai, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua.

Hal ini menjadi sorotan lantaran biasanya mitologi putri duyung ditemukan di daerah pesisir tapi justru ditemukan di daerah perairan tawar.

"Untuk mitos putri duyung di danau air tawar hanya ada di Danau Sentani, Papua," ujar Hari.

Penemuan ini pun menguak bahwa kehidupan masyarakat di Danau Sentani pada masa lalu ternyata juga tak bisa lepas dari pesisir.

"Ini adalah data baru tentang asal-usul orang Sentani pada masa lalu," kata Hari.

"Menjadi bukti tentang migrasi mereka dari tempat matahari terbit atau wilayah di sebelah timur danau sentani. Wilayah sebelah timur danau sentani adalah Samudera Pasifik," sambungnya.

Baca Juga: Bukan Cuma Pengawetan Semata, Inilah Alasan Mistis di Balik Mayat Orang Mesir yang Dijadikan Mumi dan Dikebumikan di Piramida, Ternyata Bagian dari Perjalanan ke Surga!

Dilansir Grid.ID dari Tribunstyle.com pada Sabtu (5/3/2022), sebuah mumi putri duyung menghebohkan jagat maya.