Find Us On Social Media :

Kenalan dengan Symwhite 377, Kandungan Pencerah Wajah yang Lebih Ampuh dari Kojic Acid

By Fathia Yasmine, Jumat, 11 Maret 2022 | 09:58 WIB

Ilustrasi penggunaan skincare

Grid.ID – Kesadaran kaum hawa untuk merawat kulit menggunakan ragam produk skincare semakin meningkat. Seiring dengan tren tersebut, produk-produk skincare dengan kandungan bahan aktif pun semakin diminati.

Beragam bahan aktif sempat menjadi tren dan digunakan oleh produsen-produsen skincare, baik lokal maupun global. Salah satunya, kojic acid yang terkenal karena efektivitasnya dalam mengurangi flek dan noda hitam pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Penggunaan kojic acid secara rutin dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih bersih, cerah, dan bercahaya.

Namun, tahukah kamu, selain kojic acid, ada satu kandungan bahan aktif lain yang memiliki kandungan pencerah yang lebih baik. Bahan tersebut adalah phenylethyl resorcinol atau dikenal sebagai Symwhite 377. Bahan aktif ini tengah menjadi tren dan digunakan di banyak produk skincare masa kini.

Baca Juga: Rela Tunggu 20 Tahun demi Nikahi Mantan Kekasihnya, Inilah Arti Nama Koo Jun Yup aka DJ Koo, Suami Baru Barbie Hsu

Dilansir dari jurnal berjudul The Improvement of Skin Whitening of Phenylethyl Resorcinol by Nanostructured Lipid Carriers (2017), Symwhite 377 diketahui mampu mencerahkan kulit kusam dan noda hitam 22 kali lebih baik dari kojic acid.

Bagi kamu yang belum tahu, Symwhite 377 adalah sebuah molekul kristal putih yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan melanin pada kulit.

Melanin merupakan pigmen warna kulit yang melindungi jaringan kulit dari paparan sinar ultraviolet. Produksi melanin meningkat ketika kulit terpapar sinar matahari secara berlebihan. 

Selain itu, melanin juga dapat terbentuk akibat jerawat yang parah. Setelah jerawat sembuh, noda hitam dapat tampak pada bagian yang terinfeksi.

Baca Juga: Rela Tunggu 20 Tahun demi Nikahi Mantan Kekasihnya, Inilah Arti Nama Koo Jun Yup aka DJ Koo, Suami Baru Barbie Hsu

Produksi melanin didorong oleh enzim tirosinase. Symwhite 377 bekerja untuk menekan produksi enzim tersebut. Seperti disebutkan sebelumnya, Symwhite 377 juga mampu bekerja lebih cepat dibanding kojic acid dalam menghambat kerja enzim tirosinase.

Dikutip dari berbagai sumber, tidak diperlukan Symwhite 377 dengan konsentrasi tinggi untuk memudarkan melanin. Pada konsentrasi 0,1 persen, misalnya, Symwhite 377 mampu menekan kadar  melanin hingga 95 persen. Sebaliknya, untuk menekan kadar melanin hingga 80 persen diperlukan konsentrasi kojic acid sebesar 1 persen.