Find Us On Social Media :

Mulai Sekarang, Tolong Jangan Pernah Mau Kalau Disuguhkan Tauge Mentah, Ternyata Kecambah Ini Punya Banyak Bakteri yang Sangat Berbahaya!

By Devi Agustiana, Kamis, 10 Maret 2022 | 14:09 WIB

Hati-hati, tauge mentah ternyata mengandung banyak bakteri yang sangat berbahaya.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi AgustianaGrid.ID – Tauge atau toge merupakan salah satu kecambah yang sering kita jumpai dalam berbagai masakan.Apalagi tauge juga sangat kaya akan manfaat kesehatan, loh.Mengutip Verywell Fit via Kompas.com, ternyata indeks glikemik pada tauge sangat rendah karena rendahnya jumlah karbohidrat.Disamping itu, beban glikemik dalam tauge juga kurang dari 10.Artinya, tauge tidak memiliki efek pada gula darah atau reaksi insulin.Kemudian, tauge juga kaya akan kandungan vitamin C.Dalam satu cangkir tauge mentah, mengandung hingga 14 miligram vitamin C.Institute of Medicine merekomendasikan pria untuk mengonsumsi 90 miligram vitamin c setiap hari, sementara wanita 75 miligram.

Baca Juga: Beri Wejangan untuk Ria Ricis dan Teuku Ryan Agar Segera Dapat Momongan Usai Menikah, Sule Sarankan Banyak Makan Tauge dan Alpukat, Benarkah Makanan Ini Meningkatkan Kesuburan?

Selain itu, tauge juga kaya akan folat.Adapun wanita membutuhkan asupan folat cukup agar mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang yang terjadi pada 28 hari pertama kehamilan.  Dalam setiap satu cangkir tauge mentah akan memberikan 16 persen asupan folat harian.Kaya akan manfaat kesehatan, tapi ada satu hal yang perlu diketahui soal tauge.Perlu ditekankan kalau kita tidak boleh mengonsumsi tauge dalam keadaan mentah, loh.Dilansir Grid.ID dari laman Nova, tauge yang mentah sangat rentan akan bakteri salmonella dan escherichia coli (E. coli).Kedua bakteri tersebut paling sering menyebabkan keracunan makanan pada manusia.Yang lebih parahnya, tauge mentah juga mengandung banyak bakteri lain.Bakteri seperti Bacillus cereus, Staphylococcus aureus, dan Listeria monocytogenes juga diketahui menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan tauge atau kecambah.

Baca Juga: Tolong Hati-hati Mulai Sekarang! Manfaat Toge Memang Luar Biasa untuk Kesehatan, Tapi Salah Mengolahnya Bisa Jadi Malapetaka

Kalau sudah ada banyak bakteri pada tauge mentah, bukan tidak mungkin penyakit lain nantinya bisa muncul karena gangguan pencernaan.Oleh karena itu, agar mendapatkan manfaat tauge yang maksimal, kita wajib memastikannya dalam kondisi matang.Caranya mudah, cukup menyiramkan air panas ke tauge untuk memastikan bakteri tersebut mati.Apabila makan di luar, usahakan memilih makanan dengan kuah panas jika ada campuran tauge dalam sajian tersebut.(*)