Find Us On Social Media :

Disebut Jawa Sentris, Begini Respon Kemenag Terkait Logo Halal Baru yang Dikeluhkan Netizen

By Citra Widani, Minggu, 13 Maret 2022 | 20:47 WIB

Logo halal terbaru yang dikeluarkan BPJPH Kemenag

Laporan wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Kementerian Agama RI mengeluarkan logo Halal baru yang jauh berbeda dari logo halal sebelumnya yang berwarna hijau dengan bentuk bulat.

Kali ini, Kemenag membuat logo halal dengan balutan warna ungu dengan desain yang terlihat mirip bentuk wayang.

Netizen pun berbondong-bondong mengkritik Kemenag soal desain logo halal yang disebut Jawa sentris.

Bahkan salah seorang warganet ikut membandingkan logo halal di berbagai negara yang sama sekali tidak merepresentasikan budaya negara tersebut.

"Logo Halal dari Rusia gak ada beruangnya, Korea gak pake K Pop, bahkan logo halal Roma gak pake huruf romawi. Kok Indonesia gunungan wayang?," bunyi cuitan @NeoNetizen.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag), Muhammad Aqil Irham selaku pihak yang menetapkan logo tersebut akhirnya buka suara.

Ia tak menampik bahwa logo halal yang baru memang terlihat seperti wayang dan terasa Jawa sentris.

Akan tetapi, ia menyebut bahwa pemilihan warna dan motifnya masih sesuai dengan nilai Islam yang dikolaborasikan dengan nilai nusantara.

"Memang secara simbolik bentuknya seperti wayang dan terkesan Jawa, namun corak dan motifnya serta warna ungu dan hijau toska sebagai warna utama dan sekunder mengandung nilai-nilai Nusantara dan Islam," ujar Aqil, dikutip dari Kompas.com, Minggu (13/3/2022).

Baca Juga: Nama dan Logo Grup Jebolan 'Wild Idol' Mirip dengan BTS, MBC Banjir Kritikan dari Penggemar

Meski mendapatkan begitu banyak kritikan pedas dari masyarakat, pihaknya tetap akan menggunakan logo tersebut dan akan terus melakukan sosialisasi kepada pihak-pihak terkait.