Find Us On Social Media :

Tindak Tegas Penimbun dan Spekulan Minyak Goreng

By Hotia, Kamis, 17 Maret 2022 | 16:30 WIB

Grid.ID - Menindak lanjuti perintah Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si terkait kelangkaan bahan pangan khusunya minyak goreng. Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. akan turun langsung ke lapangan guna cek kembali stok dan harga minyak goreng, mengawasi distribusi minyak goreng dari produsen, distributor, agen hingga pasar baik tradisional juga modern.

Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. menyampaikan bahwa Kapolri dan Mendag Muhammad Lutfi sudah sepakat untuk bekerja sama mengatasi kelangkaan minyak goreng dengan memerintahkan seluruh jajaran Polri untuk turun langsung kelapangan dan menindak tegas bagi siapa saja yang menimbun minyak goreng.

Menjelang Ramadhan, Polres Situbondo telah menerima informasi dari masyarakat terkait adanya kelangkaan minyak goreng di beberapa kecamatan. Untuk itu, AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. akan turun langsung ke lapangan bersama instansi terkait untuk mengecek langung dan apabila ditemukan ada yang bermain-main seperti menimbun atau menjual diatas harga yang ditentukan Pemerintah maka Polri tidak segan-segan untuk menindak tegas.

Lebih lanjut, AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. juga akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke distributor minyak goreng, toko-toko besar dan toko retail sebagai upaya menyikapi kelangkaan minyak goreng khususnya di kabupaten Situbondo.

“Kami akan turun langsung, cek terkait kelangkaan minyak goreng. Jadi jangan main-main bagi penimbun dan spekulan yang tidak menanggapi warning dari Kapolri, Kami akan tegakkan sesuai peraturan “ kata AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

Baca Juga: Positif Covid-19 di Tengah Hamil, Kartika Putri Ungkap Gejala yang Dialaminya

 Terkait kelangkaan tersebut, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. akan melaporkan secara berjenjang kepada pimpinan. Sehingga nantinya akan dilakukan koordinasi dengan stakeholder terkait untuk menindak lanjuti fenomena kelangkaan minyak goreng yang ada dilapangan.

Selain itu, AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan pembelian minyak goreng secara berlebihan “panic buying” karena hal tersebut bisa jadi salah satu faktor stok minyak goreng di toko retail dan toko tradisonal menjadi langka atau habis stoknya.

“Kita imbau kepada warga untuk tidak melakukan pembelian secara berlebihan “panic buying” yang nantinya justru akan menyebabkan terjadinya kelangkaan minyak goreng dilapangan. Beliliah kebutuhan bahan pangan apa saja sesuai kebutuhan “ himbau AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya. S.H., S.I.K., M.H. melaksanakan silaturahmi dan sholat Jum’at berjamaah bersama Pengasuh Pondok Pesantren Walisongo KHR Muhammad Kholil As’ad Syamsul Arifin, Jum’at (11/3/2022)

Dalam kegiatan tersebut, AKBP Dr. Andi Sinjaya. S.H., S.I.K., M.H. didampingi Kasat Intelkam AKP Agus Sutanto, S.Sos, Kasat Reskrim AKP Dedhi Ardi Putra, S.I.K., Kasat Binmas Iptu Djembadi, Kapolsek Panji Iptu Suwono, Bhabinkamtibmas dan Babinsa kelurahan Mimbaan kecamatan Panji.

Pada saat ibadah sholat Jum’at di Masjid Pondok Pesantren Walisongo, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya. S.H., S.I.K., M.H. berkesempatan mengumandangkan adzan pertama. Sebagai Iman dan Khotib adalah Ustad Zain sedangkan Bilal adalah Ustad Dayat.

Kedatangan, Kapolres disambut hangat oleh KHR Muhammad Kholil As’ad Syamsul Arifin bersama Ketua Pengurus Ponpes Walisongo H. Ainunaim, KH. Drs. Masyrur Syam Syarkawi Lora Malung dan Humas Ponpes Walisongo Hosnan.