Find Us On Social Media :

Jalur KA Cibatu Garut Resmi Beroperasi, Menhub Berharap Bisa Memaksimalkan Potensi Wisata

By Grid, Kamis, 31 Maret 2022 | 09:40 WIB

Stasiun Garut yang akan segera diaktifkan kembali

Grid.ID - Sebagai upaya meningkatkan pariwisata dan perekonomian Kabupaten Garut dan sekitarnya, jalur kereta api Cibatu Garut, Jawa Barat, resmi dioperasikan kembali pada Kamis (24/3/2022).

Hal tersebut mengemuka pada webinar daring bertajuk “Pengembangan Potensi Ekonomi dan Pariwisata Garut Melalui Reaktivasi Jalur KA Cibatu Garut” yang digelar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan Harian Kompas, Selasa (29/3).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pidato pembuka menegaskan, program reaktivasi dan peningkatan jalur kereta api merupakan salah satu program utama pemerintah.

“Jalur kereta api lintas Cibatu Garut dipilih untuk menjadi salah satu reaktivasi guna mendukung kawasan strategis pariwisata Kabupaten Garut sehingga diharapkan dapat memaksimalkan potensi-potensi wisata di kawasan ini.”

Pengembangan rute transportasi juga diharapkan bisa mendorong masyarakat agar berpindah dari kendaraan pribadi menuju angkutan umum.

Konektivitas

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi langkah Kemenhub yang telah memberikan izin beroperasinya kembali jalur kereta api Cibatu Garut.

“Pembangunan infrastruktur yang terus kita upayakan ini tidak hanya tentang jalan atau ruang, tetapi juga lebih penting adalah konektivitas dan kesempatan yang terbuka bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.”

Erick juga menjelaskan, reaktivasi jalur kereta tersebut akan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas, di antaranya pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal, pembukaan lapangan kerja, dan pemulihan kawasan wisata. Selain itu, berpotensi terwujudnya integrasi moda lainnya yang tersambung dengan jalur kereta api Cibatu Garut.

Baca Juga: 'Kita Musyawarahkan Semuanya' Fuji Makin Lengket Bak Lem dan Prangko dengan Thariq Halilintar, Faisal Akhirnya Bicarakan Hal Serius Ini dengan Atta Halilintar, Segera Menikah Muda?

“Akses infrastuktur yang sekarang kita punya harus dijaga dan dikembangkan ke depannya. Pada akhirnya, kita harus memastikan dengan mengoprasikan kembali jalur ini yang senantiasa mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan serta memberikan manfaat luas, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Garut,” harap Erick.