Find Us On Social Media :

Herry Wirawan Pelaku Pemerkosaan 13 Santriwati Divonis Hukuman Mati, Keluarga Korban Ungkap Kelegaan, Netizen : Berkah Ramadan!

By Annisa Marifah, Selasa, 5 April 2022 | 12:37 WIB

Herry Wirawan

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Marifah

Grid.ID — Publik sempat dibuat geram dengan terbongkarnya kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh Herry Wirawan.

Herry Wirawan merupakan ustaz dan pengurus pesantren yang ketahuan memperkosa santriwatinya hingga sebagian hamil dan memiliki anak.

Dilansir Grid.ID dari Tribunjogja.com pada Selasa (5/4/2022), Herry Wirawan kini mendapat hukuman lebih berat dari hukuman sebelumnya.

Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Barat akhirnya mengabulkan banding yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan memvonis Herry Wirawan hukuman mati.

"Menerima permintaan banding dari jaksa atau penuntut umum. Menghukum terdakwa oleh karena itu dengan pidana mati," ucap hakim persidangan yang diketuai Herri Swantoro.

Selain itu, Herry Wirawan juga diharukan membayar restitusi alias uang pengganti kerugian terhadap korban perkosaan sebesar Rp 313 juta.

13 korban akan mendapatkan restitusi dengan nominal beragam, uang restitusi ini dibebankan kepada terpidana. 

Pihak keluarga pun merasa lega atas hukuman yang diberikan ke Herry Wirawan.

Salah satu keluarga korban AN (34) bersyukur atas vonis mati untuk Herry Wirawan itu.

"Ucap syukur Alhamdulillah. Ini adalah sejarah, semoga hukuman mati ini membuat pelaku lain yang masih berkeliaran di luaran sana bisa jadi jera," kata AN.

Baca Juga: Selain Divonis Hukuman Mati, Herry Wirawan Juga Diwajibkan Bayar Restitusi Rp 300 Juta Kepada 13 Korban Pemerkosaan