Find Us On Social Media :

Gegara Main Petasan, Seorang Pemuda di Ponorogo Terancam Kehilangan 3 Jari Tangannya Usai Terkena Ledakan Mercon, Begini Kronologinya

By Rizqy Rhama Zuniar, Rabu, 6 April 2022 | 08:07 WIB

Potret seorang pemuda di Ponorogo yang terkena ledakan mercon.

Laporan Wartawan Grid.ID, Rizqy Rhama Zuniar

Grid.ID - Nasib apes menimpa seorang pemuda berinisial IQ (20) asal Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

IQ terancam kehilangan 3 jari tangannya lantaran terkena ledakan mercon alias petasan.

Korban diketahui merupakan warga Desa Sambilawang, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. 

Melansir dari Kompas.com, jari tangan kanan IQ remuk setelah mercon yang dipegangnya meledak saat dinyalakan di area persawahan di desa setempat.

Kejadian tersebut bermula ketika korban mengambil mercon di rumah temannya pada Senin (4/4/2022) malam. 

Tak lama kemudian, korban membawa mercon tersebut ke area persawahan untuk dinyalakan, yang jaraknya berkisar 1 kilometer dari rumah temannya. 

Saat dinyalakan, mercon berdiameter sekitar 5 centimeter itu tak kunjung meledak meski korban telah menyalakan tali sumbunya dengan korek api.

Korban yang penasaran lantas mengambil mercon tersebut lalu memegangnya dengan tangan kanan.  Mengutip dari TirbunMataraman.com, Kapolsek Bungkal, AKP Suroso mengatakan, korban memberanikan diri memegang mercon tersebut karena dikira tidak akan meledak.

Baca Juga: Satu Sekolah dengan Ahmad Dhani, Maia Estianty Ceritakan Kelakuan Jahilnya Pakai Petasan Semasa SMA, Dodit Mulyanto: Komedinya Jahat!

Nahas, mercon tersebut justru meledak saat digenggam oleh tangan korban.  "Saat dinyalakan dikira mejen (tidak berhasil meledak)," kata Suroso yang dikutip Grid.ID dari TribunMataraman.com, Selasa (5/4/2022).   "Yang bersangkutan lalu mengambil petasan tersebut dan saat dipegang ternyata mercon tersebut meledak," jelasnya.

Korban yang kala itu masih sadarkan diri lalu kembali ke rumah temannya.