Find Us On Social Media :

Sebelum atau Sesudah Sahur? Begini Niat dan Tata Cara Mandi Wajib yang Benar Agar Ibadah Puasa Ramadan 2022 Semakin Afdal

By Novia, Rabu, 6 April 2022 | 10:17 WIB

Ilustrasi mandi wajib di bulan Ramadan 2022

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia

Grid.ID - Seperti yang kita ketahui, umat muslim telah memasuki ibadah di  bulan Ramadan 2022.

Sudah berlangsung selama 4 hari, bagaimana ibadah Ramadan umat muslim semua?

Semoga Ramadan 2022 atau 1443 H, umat muslim sekalian tetap lancar tanpa halangan ya!

Nah, bagi umat muslim yang sedang mendapat halangan dan harus melakukan mandi wajib, Grid.ID akan memberikan tata caranya nih.

Biasanya, mandi wajib atau mandi junub diharuskan bagi umat Islam setelah berhubungan badan atau perempuan yang menyelesaikan masa haid.

Lantas kapan waktu untuk melakukan mandi wajib saat bulan Ramadhan? Sesudah atau sebelum sahur?

Dikutip dari TribunRamadan.com, Rabu (6/4/2022), Dosen UIN Raden Mas Said Surakarta, Dr. H. Muh. Nashiruddin, S.Ag, M.A, M.Ag, menjelaskan mengenai waktu yang tepat melakukan mandi wajib.

"Jawabannya adalah tergantung waktu yang tersisa untuk sahur, karena sahur yang jelas ada waktu yang terbatas sampai pada terbitnya fajar shodiq atau masuknya waktu subuh," ujar Nashiruddin dalam tayangan YouTube Tribunnews.com program Tanya Ustaz.

Ia menyampaikan, apabila waktu yang tersisa untuk sahur tinggal sedikit, maka diutamakan melakukan sahur terlebih dahulu.

Baca Juga: Selain Disunnahkan Nabi Muhammad SAW, 5 Alasan Kesehatan Inilah yang Menjadikan Buah Kurma Harus Ada di Saat Buka Puasa dan Sahur Ramadan 2022

Setelah sahur baru melakukan mandi wajib.