Find Us On Social Media :

Simak Tips Puasa untuk Penderita Maag dan Gerd, Biar Asam Lambung Gak Naik Saat Jalankan Ibadah Ramadan 2022

By Mentari Aprelia, Jumat, 8 April 2022 | 04:30 WIB

Tips puasa untuk penderita maag dan Gerd.

Laporan Wartawan Grid.ID, Mentari Aprellia

Grid.ID - Berpuasa bagi orang yang mengalami masalah lambung memang menjadi problema tersendiri sehingga diperlukan tips puasa untuk penderita maag dan gerd.

Tanpa adanya tips puasa untuk penderita maag dan gerd, dikhawatirkan asam lambung akan naik sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman.

Dengan menjalankan tips puasa untuk penderita maag dan gerd, diharapkan ibadah puasa di bulan Ramadan 2022 bisa berjalan dengan baik.

Meski banyak yang mengkhawatirkan asam lambung akan naik, sebenarnya penderita maag dan gerd boleh saja berpuasa.

Hal ini disampaikan Ahli Gizi Komunitas dr Tan Shot Yen, M.hum seperti yang dilansir Grid.ID dari Kompas pada Kamis (7/4/2022).

Menurutnya, penderita maag dan gerd bisa berpuasa asalkan menu yang disantap saat sahur dan berbuka sesuai dengan kebutuhan.

"Puasa aman selama apa yang dimakan juga aman (seperti) sahur menu lengkap, takjil tidak berlebihan gula, garam, lemak dan tidur cukup," kata Tan pada 1 April 2022.

Tak lupa, ia juga menyarankan penderita untuk konsultasi pada dokter terlebih dahulu jika membutuhkan obat.

Baca Juga: Emosi Menguras Hati Tak Tertahankan di Bulan Ramadan 2022? Cek Fakta Tentang Hukum Marah Saat Puasa Menurut Pakar

Selaras dengan pernyataan tersebut, Ahli Gizi dari Akademi Gizi Karya Husada Kediri, Mirthasari Palupi SST, M. Kes juga mengatakan serupa, sebagaimana dikutip dari Tribunnews Surabaya, Kamis (7/4/2022).