Find Us On Social Media :

Ramadan 2022 Semakin Berkah, Amalkan 5 Doa Memohon Perlindungan dan Kebaikan Dunia Akhirat, Salah Satunya Kerap Dibaca Rasulullah SAW

By Novia, Minggu, 10 April 2022 | 18:02 WIB

Al-Quran

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia

Grid.ID - Awal Ramadan 2022 tentu masih dirasakan umat muslim sekalian.

Tak hanya tahun tahun sebelumnya, Ramadan 2022 pun menjadi kebahagiaan tersendiri bagi umat muslim.

Mengingat Ramadan sebagai bulan suci dan waktu yang tepat untuk berlomba kebaikan, Grid.ID kembali merangkumkan hal menarik nih.

Agar ibadah puasa semakin berkah, yuk ikuti doa yang diamalkan Nabi Muhamad di awal Ramadan, serta doa lain untuk memohon perlindugan dan ampunan.

Dikutip dari Kompas TV dan TribunRamadan, Minggu (10/4/2022), berikut merupakan doa Nabi Muhammad yang beliau baca saat awal Ramadan.

Menurut Dosen Agama Islam Universitas Indonesia (UI) Ustaz Alhafiz Kurniawan, doa ini berasal dari sebuah hadis Nabi Muhammad yang dikutip dari kitab karya Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami.

“Hadis ini dikutip oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami. Adapun terjemahan doa Rasulullah ini didasarkan atas catatan kecil atau syarah singkat atas hadis tersebut,” papar Alhafiz di situs resmi NU, KompasTV sudah dapat izin mengutipnya.

Hadis yang dimaksud adalah sebuah hadis yang termaktub dalam karya ulama masyhur di atas dalam kitab Ithafu Ahlil Islam bi Khususiyatis Shiyam, [Madinah, Maktabah At-Thayyibah: tanpa catatan tahun], halaman 108.

Rasulullah SAW bila telah masuk bulan Ramadan berdoa, "All humma sallimn li Ramadh na, wa sallim Ramadh na li, wa sallimhu minn". (HR At-Thabarani dan Ad-Dailami).

Baca Juga: Jangan Asal! Cara yang Salah Justru Bikin Cepat Rusak, Begini Cara yang Tepat Mencuci Sajadah, Harus Perhatikan Hal Ini

 1. Doa Nabi Muhammmad Awal Ramadan