Find Us On Social Media :

Jadi Bukti Nyata Kontribusinya Untuk Lingkungan, Kebun Raya Cibodas Gelar Edukasi Botani hingga Virtual Tour di HUT Ke-170

By Grid, Selasa, 12 April 2022 | 13:47 WIB

Kegiatan Edukasi Botani yang diselenggarakan Kebun Raya Cibodas pada HUT ke-170 tahun.

Grid.ID -  Kebun Raya Cibodas adalah destinasi wisata populer di kawasan puncak.

Masih menjadi wisata edukasi favorit, mungkin banyak yang belum tahu bahwa Kebun Raya Cibodas telah berumur 170 tahun pada 11 April 2022.

Di usianya yang lebih dari satu abad, Kebun Raya Cibodas tidak hanya menjadi destinasi wisata unggulan nasional melainkan memiliki 5 fungsi utama, yaitu: Konservasi, Penelitian, Pendidikan, Wisata dan Jasa Lingkungan.

Pada hari Senin, 11 April 2022 bertepatan dengan HUT yang ke-170, Kebun Raya Cibodas menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menegaskan fungsi-fungsi tersebut sebagai bentuk kontribusi nyata Kebun Raya Cibodas kepada lingkungan dan masyarakat.

Edukasi Botani

Kegiatan Edukasi Botani yang diselenggarakan Kebun Raya Cibodas pada HUT kali ini diselenggarakan bersama antara BRIN & mitra pengelola Kebun Raya Cibodas (PT. Mitra Natura Raya) dengan menghadirkan kelas edukasi & praktek berkebun langsung yang dihadiri oleh 6 (enam) Sekolah Dasar di sekitar kawasan Cipanas, yaitu SDN Cimacan, SDN Cimacan, SDN Raraha, SDN Jayagiri, SDN Girimukti, SDN Trikarya.

Kehadiran SD tersebut yang juga dihadiri oleh Dinas Pendidikan Cipanas sebagai penegasan fungsi edukasi sebagai salah satu fungsi utama Kebun Raya Cibodas.

Marga Anggrianto selaku General Manager PT. MNR Kebun Raya Cibodas mengatakan, “siswa-siswi SD tersebut sangat antusias ketika mengikuti praktek, mungkin karena selama ini banyak sekolah online dan baru dimulai pembelajaran tatap muka, kami harap dengan adanya kegiatan edukasi perbanyakan tanaman sangat membantu agar generasi muda peduli dalam melindungi dan melestarikan tanaman yang dilindungi dengan teknik perbanyakan tanaman tersebut."

Baca Juga: Diberondong Gosip Miring Terkait Isu Perselingkuhan Raffi Ahmad dan Nita Gunawan, Nagita Slavina Cuek Bergaya Kenakan Kalung Seharga Rp 360 Juta Sekali Jalan, Intip Penampakannya!

Virtual Tour

Selain kegiatan edukasi & konservasi, PT. Mitra Natura Raya juga melakukan kegiatan Virtual Tour sebagai bentuk eduwisata modern kekinian.