Find Us On Social Media :

Semakin Kompak, Korea Utara Sesuaikan Zona Waktu dengan Korsel

By Septiyanti Dwi Cahyani, Sabtu, 5 Mei 2018 | 16:00 WIB

Kim Jong Un dan Moon Jae In

Grid.ID - Kabar perdamaian antara Korea Utara dan Korea Selatan menjadi kabar baik untuk seluruh penduduk dunia.

Sampai hari ini, berita terkait dua negara ini masih menjadi topik yang hangat untuk diperbincangkan.

Termasuk kabar terkini tentang Korea Utara yang menyesuaikan zona waktunya agar sama dengan Korea Selatan.

Seperti yang dilansir Grid.ID dari laman Japan Today pada Sabtu (05/05/2018), kini Korea Utara telah menyesuaikan kembali zona waktunya dengan Korea Selatan.

BACA JUGA Ada Udang di Balik Batu, Terungkap Alasan Korea Utara Melunak dan Berdamai Dengan Korea Selatan

Langkah ini seperti menggambarkan adanya perubahan nyata dan merupakan langkah awal menuju persatuan dua negara yang bersaing.

Ternyata hal ini merupakan bentuk pemenuhan janji yang dilakukan Kim Jong Un saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea pada 27 April lalu.

Saat itu, Kim mengatakan kepada Moon jika hatinya tersayat saat menyaksikan dua jam yang digantungkan di dinding menunjukkan zona waktu Korsel dan Korut.

Seperti yang dikutip dari Kompas pada Sabtu (05/05/2018), keputusan ini dibuat berdasarkan dekrit Dewan Presidium Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korut (nama resmi Korea Utara).

BACA JUGA Hyeongseo Lee, Gadis Pemberani yang Melarikan Diri dari Korea Utara dan Pertaruhkan Nyawanya Demi Selamatkan Keluarga

Korea sempat menggunakan zona waktu yang sama selama beberapa dekade.

Pada tahun 2015, Korea Utara menciptakan "Waktu Pyongyang" sendiri dengan menetapkan jamnya 30 menit lebih lambat dibandingkan Korea Selatan dan Jepang.