Find Us On Social Media :

Jelang Lebaran 2022, Kemenkes Sediakan 340 Pos Kesehatan di Ruas Jalur Mudik, Mana Saja?

By Citra Widani, Minggu, 24 April 2022 | 19:17 WIB

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) akan menyediakan pos kesehatan di 340 titik yang masuk ke dalam jalur mudik Lebaran 2022.

 

Laporan wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Kementerian kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) akan menyediakan pos kesehatan yang tersebar di 340 titik di ruas jalur mudik Lebaran 2022.

Hal ini merupakan salah satu cara Kemenkes untuk mengantisipasi adanya pemudik yang tidak dapat pertolongan saat merasakan sakit di jalan.

Tak hanya pos kesehatan, Kemenkes juga memerintahkan seluruh fasilitas kesehatan yang ada di seluruh provinsi terutama provinsi yang paling banyak menjadi tujuan mudik, untuk melayani masyarakat yang sakit saat berlalu lalang di kota tersebut.

Ada sekitar 13 ribu fasilitas kesehatan yang sudah disiapkan di setiap titik yang ada di jalur mudik.

13 ribu fasilitas tersebut mencakupi 10.292 puskesmas, 3.034 rumah sakit, 251 Public Safety Center (PSC), 51 KKP dan 340 Pos Kesehatan.

“Ada 13.968 fasilitas kesehatan di seluruh provinsi sudah kita siapkan untuk melayani masyarakat."

"Baik dalam perjalanan mudik maupun di daerah tujuan agar akses dan pelayanan kesehatan semakin kuat,” kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Siti Nadia Tarmizi, dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Minggu (24/4/2022).

Pos kesehatan yang disediakan oleh Kemenkes dilengkapi dengan peralatan kesehatan yang cukup lengkap.

Ambulance roda dua dan roda empat juga disediakan di berbagai rest area.

Baca Juga: 'Dari Dulu Nggak Ada Kepikiran!' Lawan Arus, Anji Ungkap Dirinya Justru Ogah Lakukan Mudik Saat Lebaran

Tak hanya itu, ambulance roda dua dan empat juga disediakan di pintu exit tol, dan jalur jalan raya non tol, serta beberapa lokasi yang menjadi tempat tujuan wisata.