Find Us On Social Media :

Miris! Hidup Bersinergi dengan Alam, Suku Indian Asli yang Tinggal di Pedalaman Hutan Amazon Ini Justru Terancam Punah

By Annisa Dienfitri, Rabu, 27 April 2022 | 05:30 WIB

Salah satu suku Indian asli, Awa, yang tinggal di pedalaman hutan Amazon diyakini sebagai suku paling terancam di dunia.

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Dienfitri

Grid.ID - Salah satu suku Indian asli, Awa, diyakini suku paling terancam di dunia menurut LSM Survival International.

Bersinergi dengan alam, suku Awa tinggal di pedalaman hutan Amazon.

Perjuangan suku pedalaman Amazon untuk bertahan hidup ini dimulai ketika mereka didorong ke ambang kepunahan oleh kolonial Eropa yang berbondong-bondong datang ke Brasil pada abad ke-16.

Sejak saat itu, para petani dan peternak berusaha untuk merampas lahan suku Awa untuk ditanami berbagai tumbuhan.

Gambar-gambar yang diambil oleh National Geographic itu menunjukkan bagaimana suku Awa hidup dengan rendah hati di alam.

Mereka membersihkan diri di aliran sungai, memakan hasil buruannya sendiri – seperti rusa atau armadillo, mengenakan ‘pakaian’ dari kulit hewan, dan tidak tersentuh dunia modern atau teknologi sama sekali.

Anak-anak bermain dengan monyet-monyet liar sementara sang ibu menyusui hewan-hewan tersebut hingga mereka tumbuh dewasa.

Kini, para penebang liar dan penambang emas pun tergoda menghasilkan uang dari Amazon.

Baca Juga: Dibakar Teman Gegara Masalah Knalpot hingga Ikan, Pemuda Yogyakarta Ini Harus Terbaring di Rumah Sakit Selama Satu Bulan, Orang Tua Kesulitan Membayar Biaya Ratusan Juta Sampai Harus Kumpulkan Donasi

Juru kampanye lingkungan mengatakan mereka terus-menerus terancam oleh penebang liar, penambang dan pengedar narkoba yang ingin pindah ke tanah itu.

Rekaman langka telah dirilis dengan harapan untuk meningkatkan kesadaran akan ancaman yang dialami suku Awa oleh penebang liar di hutan hujan Amazon.