Find Us On Social Media :

Dulu Sering Dikaitkan dengan Hal Mistis, Daun Kelor Kini Jadi Tanaman yang Dipamerkan di MUNASIN

By Winda Lola Pramuditta, Senin, 25 April 2022 | 13:59 WIB

Daun kelor bisa bikin tubuh sehat bebas dari penyakit

Grid.ID - Sudah bukan rahasia lagi bahwa tanaman memiliki sejuta manfaat baik bagi tubuh manusia.

Salah satu jenis tanaman yang menberi manfaat baik untuk kulit hingga organ tubuh adalah Moringa oleifera atau di Indonesia dikenal sebagai daun kelor.

Dikutip dari Kompas.com, Daun kelor diketahui sarat dengan nutrisi penting, termasuk protein, vitamin B6, vitamin A dan C, hingga zat besi.

Sayangnya, di balik manfaatnya yang tak terhingga, daun kelor justru kerap dikaitkan dengan hal mistis.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau MUNASAIN jadi salah satu tempat kolabarasi mengadakan pameran oleh Asosiasi Beyond Moringa Indonesia (ABMI) serta serah terima penghibahan koleksi pameran dan bibit kelor dari Asosiasi kepada Museum di Ruang Pamer Rempah.

Kolaborasi itu bertepatan dengan peringatan Hari Bumi pada 22 April.

Koleksi pameran yang diberikan adalah alat-alat pengolah moringa tradisional, seperti tampah, penyaring, dan penumbuk berbahan bamboo dan kayu.

Acara ini dihadiri juga oleh Kementerian Pertanian, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Ir. Dedi Junaedi, M.Sc. Serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc. Melalui layar zoom atau virtual.

“Kami dari Asosiasi Beyond Moringa Indonesia baru saja melaksanakan Hari Bumi di Munasain (Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia), dimana kami menyampaikan koleksi infografis display pameran, benda penunjang berupa peralatan tradisional pengolah Moringa, dan beberapa jenis produk olahan Moringa yang diolah oleh Rekan Mitra di asosiasi kepada bapak Hendro Wicaksono sebagai Pelaksana Tugas Direktur Pengelolaan Koleksi Ilmiah di Munasain sebagai kelompok kegiatan Badan Riset dan Inovasi Nasional.” Jelas Chaedar Saleh, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Internasional.

Baca Juga: Ruben Onsu Dulu Demen Dandan Cewek di Awal Kariernya, Betrand Peto Kini Syok Pergoki Bapaknya Pakai Barang Milik Sarwendah, Alasannya Mengejutkan

Diharapkan dalam kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih jauh mengenai Moringa.