Find Us On Social Media :

Jadi Pertanda Masalah Kesehatan Serius, Segera ke Dokter Jika Melihat 12 Sinyal Tubuh Ini, Salah Satunya Muncul Memar dan Benjolan Mencurigakan!

By Annisa Dienfitri, Sabtu, 7 Mei 2022 | 14:29 WIB

Ilustrasi benjolan

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Dienfitri

Grid.ID - Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk memberikan sinyal atau pertanda ketika munculnya masalah kesehatan.

Sayangnya, tak sedikit orang-orang yang justru mengabaikan alias masa bodoh dengan pertanda tersebut.

Dampaknya, akibat tidak peka terhadap sinyal tubuh, pertolongan pertama untuk mengatasi masalah kesehatan pun acapkali terlambat.

Melansir dari beberapa sumber, 12 sinyal tubuh ini menjadi pengingat untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

1. Benjolan dalam bentuk apa pun

Dokter sekaligus ahli kesehatan, Nesochi Okeke-Igobkwe, MD, menyebut tidak boleh mengabaikan perubahan baru atau mencurigakan yang muncul di tubuh, terutama benjolan.

"Setiap benjolan, tahi lalat, atau lesi baru atau perubahan yang Anda temukan pada tubuh harus segera dibawa ke dokter," katanya.

"Penting untuk memeriksa hal-hal ini karena jika itu terjadi perubahan kanker, maka deteksi dan perawatan sebelumnya adalah kunci untuk hasil yang lebih baik," lanjutnya.

2. Tahi lalat atau perubahan baru

Ketika ada tahi lalat baru atau yang berubah menjadi besar misalnya, cari ABCDE tentang melanoma, menurut Natalie Yin, MD, asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center.

Baca Juga: Bukan Cuma Buat Diet, Ternyata Oatmeal Punya 4 Manfaat Ajaib untuk Kecantikan Kulitmu, Bisa Atasi Jerawat hingga Komedo Lho!