Find Us On Social Media :

Berat Badan Naik Usai Lebaran? Simak Tips Atur Pola Makan dari Ahli Gizi Ini

By Yussy Maulia, Selasa, 17 Mei 2022 | 10:29 WIB

Tokopedia mengadakan Virtual Media Gathering: Kategori Makanan dan Minuman Laris Manis, Tokopedia dan Ahli Gizi Bagi Tips Kembalikan Pola Makan Sehat Usai Lebaran dengan narasumber Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya bersama Ahli Gizi, dr. Elfina Rachmi, MGizi, SpGK serta Pemilik Usaha Pipiltin Cocoa, Tissa Aunilla dan Irvan Helmi, Kamis (12/5/2022).

Grid.ID – Usai Lebaran, naiknya berat badan menjadi salah satu keluhan yang sering disampaikan oleh banyak orang. Keluhan tersebut tentu tidak lepas dari makan secara berlebihan saat Lebaran dan kurangnya aktivitas fisik.

Seperti diketahui, selain tradisi silaturahmi dan bermaaf-maafan, perayaan Lebaran atau Hari Raya Idulfitri juga identik dengan tradisi makan-makan sembari berkumpul bersama keluarga besar.

Karena dirayakan satu tahun sekali, banyak orang ingin membuat momen Lebaran lebih berkesan dengan menyajikan hidangan khas Lebaran. Mulai dari kue kering hingga makanan berat yang cenderung berlemak, seperti opor ayam dan lontong sayur.

Saking senangnya makan bersama keluarga besar, terkadang pilihan jenis makanan yang dikonsumsi pun tidak terkontrol. Bahkan, kamu mungkin tidak sadar bahwa kamu sudah makan secara berlebihan. Akibatnya, berat badan pun naik.

Baca Juga: 4 Manfaat Tempe untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Dapat Mengontrol Kolestrol dan Baik untuk Tulang

Nah, momen pasca Lebaran menjadi kesempatan yang tepat untuk mengatur kembali pola makan dan mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kembali bentuk tubuh ideal yang diinginkan dan terhindar dari berbagai risiko penyakit akibat kelebihan berat badan.

Dalam webinar bersama Tokopedia, ahli gizi dr Elfina Rachmi, M.Gizi, SpGK membagikan sejumlah tips untuk membangun pola makan dan gaya hidup sehat. Apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Perhatikan jenis makanan

Jenis makanan yang kamu konsumsi berdampak pada berat badan. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar asupan kalori serta nutrisi penting lainnya tetap terjaga.

“Pastikan semua zat gizi makronutrien seperti karbohidrat, protein, atau lemak, serta (zat gizi) mikronutrien seperti vitamin dan mineral harian terpenuhi,” ujar dr Elfina.

Baca Juga: Sering Jadi Kambing Hitam Pemicu Kolesterol, Padahal Inilah yang Membuat Santan dalam Opor Berbahaya Bagi Tubuh!

Untuk karbohidrat, kamu bisa pilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang mengandung jumlah kalori lebih sedikit, seperti nasi merah, roti gandum, dan oatmeal.