Find Us On Social Media :

Belajar dari Achmad Yurianto yang Hembuskan Napas Terakhir Usai Berjuang Lawan Kanker Usus, Ternyata Kebiasaan Makan Daging Bisa Jadi Penyebabnya, Waspada! 

By Devi Agustiana, Rabu, 25 Mei 2022 | 19:22 WIB

Achmad Yurianto meninggal dunia usai berjuang melawan kanker usus. Hindari tiga jenis makanan ini untuk mencegah kanker usus.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID Achmad Yurianto, Mantan Juru Bicara (Jubir) pemerintah untuk penanganan Covid-19 meninggal dunia, Sabtu (21/5/2022).

Achmad Yurianto sempat menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita kanker usus.

Selain kanker usus, Yurianto juga sempat juga sempat mengalami stroke.

Sebenarnya kondisi Yurianto sempat membaik, namun sebelum hari raya Idul Fitri 2022, kesehatan Yurianto kembali memburuk.

Hal itu membuatnya harus menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat selama dua minggu.

Menurut adik kandung Yurianto, Eddy Suhartono, kakaknya tidak pernah mengeluh sama sekali dengan penyakitnya tersebut.

"Kalau kanker ususnya itu sudah lama, dan parahnya baru terasa mulai April 2022 itu. Dan kakak saya itu (almarhum) tidak pernah mengeluh dan tidak pernah merasakan penyakitnya tersebut," kata Eddy seperti dikutip dari Kompas.com.

Kanker usus sendiri adalah salah satu penyakit yang tidak boleh dianggap ringan.

Baca Juga: Innalillahi, Dikenal Sebagai Sosok yang Tegas dan Peduli, Juru Bicara Covid-19 Ini Sempat Berjuang Lawan Kanker Usus Sebelum Meninggal Dunia

Nah, salah satu cara mencegah kanker usus adalah dari faktor makanan.

Menurut Dr. Bogdan Protyniak, ahli bedah kolorektal di Geisinger Wyoming Valley Medical Center, kanker usus besar bisa diobat jika ditangani dengan cepat.