Find Us On Social Media :

Akhir Bulan Dompet Menipis? Coba Tips Cerdas Belanja Hemat Ini

By Yussy Maulia, Sabtu, 28 Mei 2022 | 09:00 WIB

Ilustrasi berbelanja.

Grid.ID – Hampir semua orang pernah menghadapi kesulitan akibat keuangan yang menipis, terutama pada akhir bulan. Gaji belum kunjung tiba, sementara ada banyak kebutuhan yang harus dibeli.

Karena pengelolaan keuangan yang tidak teratur, tak jarang pada akhirnya uang tabungan terpaksa digunakan untuk belanja berbagai kebutuhan. Padahal, uang tabungan seharusnya bisa menjadi dana cadangan untuk keperluan darurat atau masa depan.

Sebenarnya, saat ini orang-orang sudah dimudahkan oleh sistem beli sekarang bayar nanti (paylater). Sistem tersebut dapat digunakan ketika ada kebutuhan, tetapi belum memiliki cukup uang. Salah satunya seperti yang dihadirkan oleh aplikasi kredit online Kredivo.

Selain bisa berbelanja tanpa harus membayar saat itu juga, sistem paylater Kredivo juga menawarkan bunga rendah dengan tenor cicilan hingga 12 bulan. Sistem pembayaran ini tentu dapat meringankan seseorang dengan kondisi dompet yang tipis.

Baca Juga: Hobi Belanja Saat Stres Melanda? Begini Cara Mengatur Keuangannya

Namun, bukan berarti sistem paylater dapat digunakan sesuka hati. Kamu tetap perlu mengontrol diri agar tidak belanja secara berlebihan sehingga membuat utang membengkak.

Bagi kamu yang punya banyak kebutuhan saat dompet sedang tipis dan ingin mencoba paylater, coba simak beberapa tips cerdas belanja hemat ini.

  1. Buat daftar berbelanja yang lengkap

Salah satu hal terpenting yang kerap disepelekan oleh banyak orang adalah membuat daftar belanjaan. Kebanyakan orang cenderung lebih suka berbelanja secara impulsif tanpa memperhatikan kebutuhan.

Padahal, membuat daftar belanjaan penting agar kamu dapat terhindar dari sifat boros ketika berbelanja.

Baca Juga: Pecahkan Rekor Subscriber Terbanyak Hingga Raup Uang Miliaran, Youtuber China ini Mendadak Menghilang Tanpa Jejak

Ketika memiliki daftar belanjaan, kamu dapat memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan. Dengan adanya perkiraan biaya, kamu dapat menekan pengeluaran yang tidak perlu apabila totalnya melebihi bujet belanja yang ditentukan.

  1. Hindari window shopping

Ketika berbelanja secara langsung, baik di pasar tradisional, supermarket, maupun mal, sebaiknya hindari lakukan window shopping atau melihat-lihat produk yang dipajang di toko maupun etalase.