Find Us On Social Media :

Halau Kulit Kusam dengan 5 Langkah Ini, Salah Satunya Kandungan Symwhite 377 dari Y.O.U Radiance Up! Series

By Nana Triana, Kamis, 2 Juni 2022 | 13:36 WIB

Ilustrasi seorang perempuan sedang melihat cermin.

Grid.ID - Dark spot atau flek hitam menjadi salah satu permasalahan kulit wajah yang banyak dialami perempuan di Indonesia. Pasalnya, Indonesia merupakan negara tropis. Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet (UV) dapat memicu timbulnya flek hitam dan rona gelap atau dark spot pada wajah. 

Ditambah dengan perubahan hormon yang terjadi seiring bertambahnya usia dan gaya hidup kurang sehat, persoalan kulit tersebut pun dapat semakin cepat timbul. 

Meski tidak berbahaya, flek hitam dan dark spot di wajah dapat mengganggu penampilan dan meruntuhkan rasa percaya diri. Namun, jangan khawatir apabila kamu memiliki persoalan kulit tersebut. Kamu dapat memilih perawatan yang tepat yang dapat membuatnya pudar dengan perlahan. 

Untuk menghalau flek hitam dan dark spot kamu dapat menerapkan lima langkah di bawah ini. Bagi kamu yang tidak memiliki flek hitam dan dark spot, langkah-langkah ini juga dapat mencegah timbulnya persoalan tersebut. 

1. Terapkan pola hidup sehat

Pilihlah makanan dengan gizi seimbang. Pastikan kamu mengonsumsi karbohidrat kompleks rendah gula, protein, sayur, dan buah-buahan yang kaya vitamin A, B, serta C.

Baca Juga: Semangati Perempuan untuk Miliki Self-acceptance, #WouldYouLoveYou Jadi Kampanye Ramadan Terbaik Y.O.U Beauty

Mengonsumsi makanan-makanan dengan kandungan tersebut dapat meningkatkan pertahanan kulit terhadap kerusakan akibat radikal bebas dan membuat kulit halus serta bercahaya. Selain itu, batasi konsumsi makanan berlemak, penuhi kebutuhan cairan tubuh, hindari kebiasaan merokok, rutin berolahraga, kelola stres dengan baik, serta beristirahat cukup.

2. Hindari paparan sinar matahari

Jika harus keluar rumah atau beraktivitas di bawah paparan sinar matahari, usahakan untuk melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen. Sebab, tabir surya berfungsi untuk mencegah sinar UVA dan UVB berlebih yang dapat merusak kolagen sehingga kulit memproduksi banyak melanin.

Produksi melanin berlebih akan menimbulkan noda hitam pada kulit wajah. Efek sinar matahari pada kulit memang tidak langsung terasa, tetapi muncul secara perlahan seiring bertambahnya usia.

3. Rutin lakukan eksfoliasi