Find Us On Social Media :

Sebut Bakal Naikkan Tiket Masuk Candi Borobudur untuk Wisatawan Lokal Jadi Rp 750 Ribu, Luhut Binsar Pandjaitan Banjir Hujatan Netizen hingga Trending di Twitter

By Mentari Aprelia, Minggu, 5 Juni 2022 | 15:09 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan

Laporan Wartawan Grid.ID, Mentari Aprellia

Grid.ID - Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan pemberitaan tentang tiket masuk Candi Borobudur yang disebut-sebut bakal naik menjadi Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal.

Kabar ini menjadi perbicangan netizen di jagat maya setelah Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyampaikannya lewat Instagram pribadi miliknya.

"Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1200 orang per hari dengan biaya 100 dollar untuk wisman (wisatawan mancanegara) dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah."

Sedangkan untuk pelajar, tarif yang dikenakan sebesar Rp 5000.

"Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5000 rupiah saja," tulis Luhut dikutip dari akun Instagram @luhutbinsarpandjaitan pada Minggu (5/6/2022).

Menurutnya, langkah ini diambil guna menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Indonesia.

"Langkah ini kami lakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara."

Tak berhenti sampai di situ, turis yang berkunjung pun diharuskan menggunakan pemandu wisata dari kalangan warga lokal untuk menyerap tenaga kerja.

Baca Juga: Kepergok Bermesraan dengan Pria Lain di Gubuk Sawah, Soerang Istri di Tulungangung Dilaporkan Suami ke Polisi, Diduga Telah Berbuat Zina

"Semua turis juga nantinya harus menggunakan pemandu wisata dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur, ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan rasa memiliki terhadap kawasan ini