Find Us On Social Media :

'Saya Hanya Rakyat Jelata dengan Disabilitas Mental' Marshanda Mention Presiden Jokowi dan Harapkan Kesetaraan untuk Para Penderita Penyakit Kejiwaan!

By Novita, Kamis, 16 Juni 2022 | 09:07 WIB

Marshanda (kiri) dan Presiden Jokowi (kanan)

Grid.ID - Marshanda merupakan artis yang mengaku mempunyai penyakit kejiwaan bipolar sejak tahun 2009.

Diagnosis idap bipolar disorder didapatkan Marshanda lantaran ia memiliki kesulitan untuk menjaga emosi agar tetap stabil.

Pasalnya, beberapa gejala dari sakit bipolar yang diderita Marshanda salah satunya adalah emosi yang fluktuatif.

Hal tersebut sempat disampaikan wanita yang akrab disapa Caca itu saat berbincang dengan Ashanty di kanal YouTube Ngobrol Asix, pada Selasa (24/8/2021) lalu.

Caca menjelaskan, ada dua hal yang dirasakan penderita penyakit bipolar.

"Susah banget untuk stabil. Jadi kalau orang bipolar itu fluktuasi yang high banget, over happy, sangat berenergi, over sensitif, banyak ide, terus omongnya jadi cepat. Itu kalau yang lagi tinggi, namanya mania," kata Marshanda dikutip Grid.ID via Kompas.com, pada Kamis (16/6/2022).

Ia juga mengatakan, penderita bipolar mempunyai kecenderungan untuk bunuh diri saat depresi.

"Yang satu lagi depresi sampai ada pernah kepikiran untuk bunuh diri atau percobaan untuk bunuh diri mungkin," tutur Caca.

Hal itu kerap terjadi terlebih bila penderita bipolar tidak melakukan pengobatan.

Baca Juga: 'Itu Bakal Menjadi Pegangan Hidupnya' Hadapi Kemungkinan Terburuk Usai Divonis Idap Tumor Payudara, Marshanda Siapkan Warisan Spesial Ini untuk Putrinya

"Nah itu bolak balik atas dan bawah, enggak ada tengahnya. Itu nature-nya orang bipolar kalau enggak di-treatment," terang Caca.

Kalau di-treatment, konseling, atau melakukan terapi kayak aku atau macam-macam, ya mereka bisa alami yang tengah. Enggak naik turun. Kayak dinormalkan gitu ekstremnya," pungkasnya.