Find Us On Social Media :

'Kalau Ndak, Mati Ini Kita', Jokowi Ceritakan Momen saat 5 Presiden Memohon-mohon Minta Dikirimkan Batubara Usai Ekspor Dihentikan

By Citra Widani, Selasa, 21 Juni 2022 | 19:09 WIB

Jokowi ceritakan momen saat 5 Presiden dunia memohon minta diekspor batubara setelah sempat dihentikan

Laporan wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Presiden Jokowi baru saja membuka Rakernas PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Selasa (21/6/2022).

Dalam sambutannya, Jokowi menceritakan momen ketika dirinya ditelepon oleh 5 Presiden dan PM (Perdana Menteri) yang memohon-mohon untuk dikirimkan batubara usai ekspor dihentikan.

Jokowi mengatakan bahwa para presiden tersebut memohon dengan sangat kepada Indonesia untuk segera mengekspor batubara, karena jika tidak negaranya akan terjadi krisis.

"Jadi ini yang rakyat juga harus diberi tahu bahwa kondisi global yang sangat berat."

"Waktu bulan Januari kita stop batu bara itu, ada lima presiden, PM yang telepon ke saya."

"Presiden Jokowi, mohon kita dikirim batubara ini segera, secepatnya. Kalau ndak, mati ini kita. Listrik kita mati, industri kita mati," tutur Jokowi menirukan ucapan para presiden tersebut, dikutip dari Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

Tak ingin menyebutkan asal negaranya, Jokowi mengatakan bahwa para pemimpin negara tersebut rata-rata mendesaknya untuk segera mengirimkan batubara yang menjadi kebutuhan dasar negaranya.

Bahkan, ada salah satu PM mengatakan kemungkinan besar kondisi sosial politik negaranya akan bergejolak.

Baca Juga: 'Ini dari Lubuk Hati Paling Dalam', Ulang Tahun Jokowi Dirayakan, Orang Nomor Satu Indonesia Ini Puji Kecantikan Megawati hingga Bajiri Sorakan

"Ada dua presiden dan PM yang telepon saya juga."

" ‘Pak ini kalau bapak dalam dua hari ini tidak kirim kami, akan terjadi gejolak sosial politik di negara saya. Tolong bisa dikirimkan'," ujar Jokowi menirukan ucapan PM negara tersebut.