Find Us On Social Media :

Penjelasan Kemenag Soal Waktu Idul Adha 2022 di Indonesia dan Arab Saudi yang Berbeda Satu Hari, Letak Geografis Jadi Pertimbangan

By Citra Widani, Minggu, 3 Juli 2022 | 15:02 WIB

Ini penjelasan Kementerian Agama (KEMENAG) soal waktu perayaan Idul Adha di Indonesia dan Arab Saudi yang berbeda satu hari

Laporan Wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Kementerian Agama telah menetapkan Idul Adha 2022/ 1443 H jatuh pada hari Minggu (10/7/2022).

Keputusan Idul Adha 2022 di Indonesia berbeda 1 hari dengan Arab Saudi menetapkan Idul Adha lebih cepat yakni di tanggal (9/7/2022).

Ternyata perbedaan Idul Adha 2022 di Indonesia dan Arab Saudi didasari oleh perbedaan letak geografis yang sangat berpengaruh pada hilal.

Arab Saudi secara letak geografis berada di sebelah barat Indonesia, sehingga waktu di Indonesia lebih cepat 4 jam.

Akan tetapi hilal justru terlihat lebih dulu di Arab Saudi.

Hal ini terjadi karena bulan akan terlihat di sebelah barat saat matahari tenggelam.

Sementara meski Indonesia memiliki waktu yang lebih cepat dari Arab Saudi, bukan berarti perayaan Idul Adha juga akan lebih cepat.

"Semakin ke arah barat dan bertambahnya waktu, maka posisi hilal akan semakin tinggi dan semakin mudah dilihat."

"Sehingga pada tanggal yang sama, posisi hilal di Arab Saudi lebih tinggi," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kementerian Agama, Adib, dikutip dari Tribunnews.com, Minggu (3/7/2022).

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Adha 2022, Simak Tips Memilih Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK, Ternyata Penting Perhatikan Hal Ini

Berdasarkan data hisab, ketinggian hilal di Indonesia berada di antara 0 derajat 52' hingga 3 derajat 13' dengan sudut elongasi 4,27 derajat hingga 4,97 derajat.