Find Us On Social Media :

Menkes Ucapkan Terima Kasih Pada Masyarakat atas Keberhasilan Menghadapi Lonjakan Covid-19 dalam 3 Bulan Belakangan, Kembali Memohon Agar Tak Lengah

By Citra Widani, Selasa, 5 Juli 2022 | 16:09 WIB

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berterima kasih kepada masyarakat yang dinilai berhasil menghadapi lonjakan Covid-19 3 bulan belakangan

Laporan wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferesi pers usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara menyampaikan beberapa poin terkait lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Beberapa hal yang berkaitan dengan pemutusan tali penularan Covid-19 dan peningkatan dosis vaksinasi booster disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin didampingi oleh Menteri Koordinator bidang keuangan Airlangga Hartarto.

Budi dan Airlangga menyampaikan bahwa vaksinasi booster kini akan dijadikan persyaratan sebelum melakukan perjalanan ke luar kota maupun luar negeri dan tempat ramai seperti mall.

Pemerintah memutuskan untuk menerapkan aturan ini karena melihat angka positif Covid-19 yang kembali melonjak.

"Rata-rata dosis ketiga masih di bawah 20 persen."

"Tentunya dosis ketiga ini akan dipersyaratkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dan juga untuk berbagai perjalanan," ujar Airlangga, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/7/2022).

Lebih lanjut Menkes Budi mengatakan bahwa upaya penanggulangan Covid-19 di Indonesia 3 bulan terakhir terpantau cukup baik dibanding dengan deretan negara lain.

Pihaknya pun berharap agar kondisi ini bisa terus dipertahankan hingga akhir tahun ini.

Baca Juga: Pasca Pandemi Covid-19, Anak-anak di Indonesia Alami Perubahan Perilaku, Termasuk Pola Makan dan Gangguan Tidur

"Kita Juli ini sudah terbukti 3 bulan kita lewati dengan jauh lebih baik dari negara lain."

"Kalau nanti 3 bulan berikutnya kita bisa mengendalikan jumlah kasus kita, kita bisa menjadi salah satu negara di dunia yang bisa menjaga pandemi ini tidak terjadi lonjakan-lonjakan berikutnya," ujar Budi.