Find Us On Social Media :

Memperingati Hari Ulang Tahun Kebun Raya Bali, 'Festival Kebun Raya Bali' Siap Digelar Selama 3 Hari

By Grid, Jumat, 22 Juli 2022 | 17:35 WIB

Kebun Raya Bali Melangsungkan Festival Kebun Raya Bali

Grid.IDKebun Raya Bali sebagai salah satu destinasi wisata di Tabanan memiliki luas 157 Ha, terdapat lebih dari 21.000 tumbuhan yang hidup di dalamnya dan dibagi menjadi beberapa taman tematik sesuai dengan jenisnya.

Kebun Raya Bali didirikan pada 15 Juli 1959.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kebun Raya Bali yang ke-63 pada tanggal 15 Juli 2022, pihak pengelola telah merancang konsep Festival Kebun Raya Bali perdananya setelah pandemi.

Festival tersebut telah dijalankan selama 3 hari pada tanggal 15 – 17 Juli 2022 dengan mengusung konsep yang “fresh” karena mengkolabrorasikan antara nilai alam, edukasi, seni, dan kebudayaan.

Rangkaian acara yang akan dilaksanakan tidak hanya melibatkan pihak internal, namun juga mengajak berkolaborasi beberapa pihak eksternal meliputi workshop melukis dan pameran lukisan oleh Bentara Budaya, workshop mengenai daun kelor oleh Asosiasi Beyond Moringa Indonesia, launching produk Mini Theatre of Tour De’ Kebun Raya Bali, pertunjukkan seni tari oleh sanggar kesenian Candikuning, bazaar kuliner UMKM, pameran Anggrek dari perwakilan Perhimpunan Anggrek indonesia, Liu Visual, dan kid's corner.

Kegiatan workshop melukis yang dilaksanakan bersama dengan Bentara Budaya diikuti oleh 30 seniman dari Bali dan luar Bali serta siswa sekolah menengah pertama.

Workshop ini terbilang unik, karena menggunakan media daun kering.

Panitia penyelenggara juga turut mengundang beberapa perwakilan sekolah di Kabupaten Tabanan untuk menyaksikan penayangan perdana dan launching produk Mini Theatre of Tour De’ Kebun Raya Bali yang diikuti oleh sekolah di sekitar Kebun Raya Bali seperti SDN 1 Candikuning, SDN 3 Candikuning, SDN 1 Baturiti, SMPN 1 Baturiti, SMPN 2 Baturiti, SMPN 4 Baturiti, dan SMPN 1 Marga.

Baca Juga: Bentara Budaya dan Kebun Raya Bedugul Gelar Workshop Melukis di Atas Daun Kering

“Festival Kebun Raya Bali yang pertama ini diadakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kebun Raya Bali yang ke-63, dilangsungkan selama 3 hari berturut-turut dan bisa kami katakan berjalan dengan sukses."

"Antusiasme dari para pengunjung serta peserta workshop sangat tinggi."

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para partisipan yang mengikuti serangkaian acara Festival Kebun Raya Bali ini,” ujar Tito Triputra selaku General Manager Kebun Raya Bali.