Find Us On Social Media :

WHO Tetapkan Monkeypox Sebagai Darurat Kesehatan Dunia, Yuk Kenali Gejala Cacar Monyet yang Kabarnya Bisa Menyebar Lewat Kontak Fisik Apa Pun

By Rizqy Rhama Zuniar, Senin, 25 Juli 2022 | 07:07 WIB

Kenali gejala cacar monyet yang bisa menular melalui kontak fisik apapun.

Laporan Wartawan Grid.ID, Rizqy Rhama Zuniar

Grid.ID - Yuk kenali gejala cacar monyet, penyakit yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sebagai darurat kesehatan dunia.

Terbaru, kabarnya gejala cacar monyet bisa menyebab melalui kontak fisik apa pun.

Maka dari itu, seperti semboyan lebih baik mencegah daripada mengobati, ada baiknya kita mengetahui apa saja gejala cacar monyet.

Mengutip dari Kompas.com, cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus monkeypox yang berasal dari hewan.

Meski berasal dari hewan, namun penyakit ini bisa menular ke manusia atau yang juga disebut dengan istilah zoonosis.  

Salah satu gejala dari penyakit ini, yakni munculnya bintik-bintik berupa lepuh pada permukaan kulit tubuh, yang mirip dengan cacar air. 

Berdasarkan informasi dari WHO, penderita cacar monyet juga bisa mengalami gejala berupa demam dan sakit kepala. 

Virus ini juga bisa menular melalui kontak dekat antara orang yang terinfeksi dengan orang yang masih sehat.

Wabah cacar monyet bahkan kabarnya telah merebak ke seluruh penjuru dunia melalui cara transmisi yang belum banyak diketahui. 

Baca Juga: Biodef Selenggarakan Smart Mom Gathering: Edukasi Langkah Preventif Terkait Penyakit Hepatitis Misterius dan Cacar Monyet

Karena hal ini, WHO kemudian menyatakan bahwa cacar monyet masuk dalam kriteria darurat di bawah regulasi kesehatan internasional.