Find Us On Social Media :

Dokumenter KRI Bima Suci: Pelayaran Kru Kompas TV Bersama Kartika Jala Krida, 91 Hari Mengarungi 4 Negara

By Grid, Selasa, 26 Juli 2022 | 13:00 WIB

KompasTV Resmi Lepas Kru Untuk Berlayar 91 Hari Eksklusif Bersama KRI Bima Suci

Grid.ID - KompasTV kembali menghadirkan program dokumenter, kali ini sebuah karya dokumenter eksklusif yang menampilkan perjalanan kru KompasTV dalam mengarungi samudra bersama KRI Bima Suci dan Kartika Jala Krida angkatan 69 2022.

Dokumenter tersebut akan tayang pada bulan Oktober 2022, sekembalinya KRI Bima Suci ke Tanah Air.

Pemirsa dapat mengikuti perjalanan kru KompasTV melalui akun sosial media @kompastv dan @91haribimasuci, serta pada program-program news bulletin KompasTV.

Dokumenter ini akan mengisahkan petualangan kru KompasTV dalam mengarungi 4 Negara di 2 Benua selama 91 hari.

Tak hanya sekedar berkeliling ke sejumlah Negara saja, namun juga menguak sisi lain dari para anggota KRI Bima Suci dan Kartika Jala yang bertugas untuk berlayar, serta menyajikan kisah dari tempat-tempat yang nantinya akan disinggahi.

Pelepasan misi pelayaran KRI Bima Suci sendiri telah dilaksanakan pada Selasa, 19 Juli 2022 di Dermaga Madura, Surabaya, Jawa Timur, yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

“Misi utama dari pelayaran adalah misi melatih para taruna supaya mampu bernavigasi dengan baik, memiliki mental bahari yang baik, sebagaimana kita ketahui pada intinya manusia itu hidup di bumi, tapi mereka harus melakukan ini, segala kegiatan atau aktivitas yang menantang ini dalam kondisi yang berbeda daratan yaitu di laut,” ungkap Pankoarmada II Laksda TNI Dr. TSNB Hutabarat M.M.S., dalam acara pelepasan KRI Bima Suci.

Sementara itu Gubernur AAL, Laksamana Muda TNI Denih Hendrata, juga menyebutkan bahwa misi lainnya adalah merupakan misi diplomasi dimana Kartika Jala Krida (KJK) Taruna AAL Angkatan ke-69 akan mengunjungi negara-negara sahabat untuk bersosialisasi dengan masyarakat setempat menunjukan budaya Indonesia.

"Ada beberapa yang akan kita tampilkan berupa kesenian-kesenian, diantaranya saman, kendang, tarian papua, diluar itu juga ada drumband dan juga ada genderang seruling angkatan laut yang terkenal.”

Baca Juga: Mengulik Kondisi Perdagangan Kelapa Sawit Nusantara yang Sedang Terpuruk Bersama Kompas Talks, Siapa yang Harus Disalahkan?

Karena pelayaran kali masih dalam situasi pandemi maka seluruh awak KRI Bima Suci, taruna Kartika Jala Krida angkatan 69 dan awal media telah menjalani vaksin ke-3 atau booster.

Ada pun kru KompasTV yang ikut berlayar dalam misi KRI Bima Suci yakni Jonah Hamonangan sebagai Jurnalis, Calvin Alfonso dan Muhammad Aufa Farid sebagai video jurnalis.