Find Us On Social Media :

Rayakan Hari Anak Nasional, Caca Tengker Berbagi Ragam Stimulasi Untuk Tumbuh Kembang Sang Anak

By Dianita Anggraeni, Senin, 25 Juli 2022 | 09:10 WIB

Caca Tengker bersama kedua anaknya.

Grid.ID - Hari Anak Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 23 Juli.

Momen ini menjadi pengingat bagi para orangtua untuk bisa terus memperhatikan tumbuh kembang sang anak.

Selebritis Caca Tengker, salah satunya. Ia sangat memperhatikan stimulusi atau suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak.

Baca Juga: Sabarnya Seluas Samudra Meski Bolak-balik Dibodohi Wanita, Kisah Cinta Gading Marten yang Nelangsa Bikin Raffi Ahmad Geleng-geleng, Suami Nagita Slavina: Gue Bingung Sama Lu

Menjadi pembicara dalam acara Bunbun Story Playdate 2022 yang dilaksanakan di Kindy Cloud Pejaten Terrace, Jakarta Selatan oleh Mama’s Choice, Caca Tengker memberi testimoni mengenai stimulasi pada anak.

Dalam Talkshow tersebut, adik Nagita Slavina itu mengungkapkan “Aku sering menyelipkan stimulasi dalam aktivitas sehari-hari di rumah, misalnya saat mandi. Nah, karakter Bunbun di produk perawatan bayi Mama’s Choice bisa jadi bahan aku bercerita kepada anak, misalnya, wah Bunbun juga suka mandi nih. Dan sebagainya,” jelas Caca Tengker.

Menurut Psikolog Chitra Annisya, stimulasi sosial bagi anak seperti playdate sangat penting untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi anak balita.

Baca Juga: Sering Lihat Lingkaran Merah di Tabung Gas Elpiji? Ternyata ini Fungsinya yang Tak Banyak Diketahui!

“Anak-anak yang lahir pada saat pandemi jarang berinteraksi sosial selain dengan keluarga inti, sehingga ketika berada di keramaian atau saat bertemu kakek-nenek, mudah menangis. Karena tidak terbiasa, merasa tidak nyaman.” ujarnya.

Selain stimulasi berupa interaksi sosial, anak juga memiliki kebutuhan yang lain untuk menunjang perkembangan kognitif di periode emasnya, yaitu sensory play.

Psikolog Chitra Annisya mengungkapkan, anak usia 0 hingga 3 tahun membutuhkan stimulasi yang konkret atau nyata, dan tidak bisa didapatkan melalui gadget.