Find Us On Social Media :

Bukan Perusahaan Bisnis, Facebook Belum Bayar Pajak, Ini Kata Menkominfo

By GRID, Senin, 7 Mei 2018 | 19:06 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat ditemui di kantor Kementerian Kominfo di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Grid.ID - Facebook membuka kantor di Indonesia, sejak Senin (14/8/2017) di gedung perkantoran Capital Place Lantai 49, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Pada hari ini, Senin (7/5/2018), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menerima perwakilan Facebook Asia Pasifik di Kantor Kominfo Medan Merdeka, Jakarta.

Pertemuan berlangsung sekitar setengah jam, dari pukul 13.00 hingga 13.30 WIB.

Agenda utamanya membahas hal-hal terkait insiden penyalahgunaan satu juta data pengguna Facebook Indonesia oleh pihak ketiga.

Baca juga : Ada 200 Juta Jomblo di Facebook, Segera Ditawari Fitur Kencan Online

Selain itu, Rudiantara juga menyoroti model bisnis jejaring sosial bernuansa biru tersebut.

"Saya tanya model bisnis Anda di Indonesia bagaimana. Orang lain sudah bayar pajak, bikin PT di Indonesia, Anda belum," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, ditemui sesaat sebelum beranjak dari Kantor Kominfo, sekitar pukul 16.30 WIB.

Sejak beroperasi pada tahun 2017, Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati, mengatakan Facebook sudah menjadi Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia sejak Maret 2017.

Kendati begitu, menurut Rudiantara, kantor Facebook Indonesia tersebut masih berupa perusahaan layanan (service company), bukan menangani bisnis.

Baca juga : Terkuak, 8 Daftar Kekayaan Kim Jong Un, Berbanding Terbalik Warga Korea Utara