Find Us On Social Media :

'Dimiliki Masyarakat dan Para Pewaris' Bukan Pindah Haluan, Ternyata Ini Alasan Ahmad Dhani Mengabadikan Nama Band Dewa 19 Jadi Merek Restoran

By Annisa Dienfitri, Selasa, 16 Agustus 2022 | 10:49 WIB

Ahmad Dhani di Vila Mataram, Cisarua Puncak, Bogor, Senin (15/8/2022) malam.

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Dienfitri

Grid.ID - Ahmad Dhani berniat mengabadikan merek Dewa19 lewat bisnis restoran bernama Wisma Dewa19 Restography.

Bukan tanpa alasan, Ahmad Dhani ingin mengabadikan nama band yang dibentuknya 35 tahun silam itu lewat bisnis kuliner.

Tujuan Ahmad Dhani membangun Dewa19 Restography tak lain agar dinikmati oleh para keturunan anggota band Dewa 19, termasuk juga masyarakat.

"Visi saya misal Dewa 19 udah 60 tahun, 70 tahun, atau 100 tahun mungkin, saya sudah meninggal, Andra sudah meninggal, yang lain sudah meninggal."

"Tapi brand ini tetap dimiliki oleh masyarakat dan para pewarisnya, mungkin Al, El, Dul, Safeea," kata Ahmad Dhani.

"(Oleh) Yasmin anaknya Andra, anaknya Yuke, anaknya Agung," tambahnya saat ditemui Grid.ID di Vila Mataram, Cisarua Puncak, Bogor, Senin (15/8/2022) malam.

Karena itu, suami Mulan Jameela ini berharap visinya untuk mewujudkan Dewa19 Restography tercapai.

"Kita berharap, visi ke depan ini, Indonesia memiliki brand yang namanya Dewa19 Restography."

"Di masa depan mungkin anaknya Al, El, Dul atau cucunya Al, El, Dul tahu Dewa19 ini restoran, tapi dulunya sebuah band, dibuat kakeknya," ujar Dhani.

Di samping itu, Dewa19 Restography bukan merupakan restoran biasa, melainkan memiliki unsur historis dan hiburan yang berbeda dari usaha sejenis.

Baca Juga: Berkarya Selama 20 Tahun, D'Masiv Bakal Gelar Tur Konser di Amerika Serikat

"Di dalamnya ada beberapa memorabilia dan konsep-konsep entertainment yang berbeda dengan restoran lain."

"Tidak hanya restoran, kita pun bisa membangun sebuah karaoke keluarga Indonesia, karaoke eksekutif juga bisa."

"Tergantung masyarakat atau teman-teman di daerah atau Jakarta yang ingin bekerja sama dengan kami," kata Dhani.

Atas hal itu pula, Dhani menggandeng platform penggalangan dana, yakni Udana.id dan Indodax yang sudah lebih berpengalaman dalam pengembangan bisnis.

"Kebetulan saya Ahmad Dhani hanya ahli di bidang konsep. Untuk mengembangkan mereka berdua yang lebih ahli dari saya," ujar Dhani.

"Jadi ini adalah kolaborasi saling membantu, saya hanya kuat dalam bidang konsep, tapi tidak kuat dalam pengembangan bisnis," jelasnya.

Ayah Al Ghazali ini juga menyebut kedua rekan bisnisnya tentu sudah mempelajari seluk-beluk Dewa19 Restography sebelum menjalin kerja sama.

Diakui Dhani, konsep bisnis restorannya itu sudah sangat matang, meski sistem manajemennya masih perlu dibenahi.

"Tentunya mereka sudah melihat Dewa19 Restography ini adalah sebuah konsep yang matang tentang bisnis leisure, bisnis restoran."

"Konsepnya memang menurut saya sudah matang, hanya tinggal manajemennya diperbaiki," pungkas Ahmad Dhani.

Baca Juga: Main ke Rumah Raffi Ahmad, Henry Lau Disuguhi Jajanan Khas Indonesia oleh Nagita Slavina, Sang Idol sampai Ketagihan: Enak Banget!

(*)