Find Us On Social Media :

Sambut HUT RI ke-77, Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Bukit Klangon Sleman, Ukurannya Bikin Geleng-geleng

By Rizqy Rhama Zuniar, Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:18 WIB

Bendera Merah Putih raksasa dikibarkan di Bukit Klangon Sleman untuk sambut HUT RI ke-77.

Laporan Wartawan Grid.ID, Rizqy Rhama Zuniar

Grid.ID - Sambut HUT RI ke-77, Pemerintah Kalurahan Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta mengibarkan bendera Merah Putih berukuran raksasa di Bukit Klangon.

Upacara bendera yang digelar di atas Bukit Klangon yang berjarak kurang lebih 4 km dari Puncak Gunung Merapi itu dilaksanakan tepat sehari sebelum HUT RI ke-77, pada Selasa (16/8/2022).

Upacara bendera yang digelar untuk menyongsong hari jadi Republik Indonesia atau HUT RI ke-77 itu dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Mengutip dari Kompas.com, Komandan Koramil Cangkringan Kodim 0732 Sleman, Kapten Tosikin mengatakan, lokasi upacara dipilih di Bukit Klangon karena ada nilai sejarahnya.

"Ini suatu kehormatan bagi kita semua karena apa, pengibaran bendera ini ada sejarahnya," kata Tosikin yang dikutip Grid.ID dari Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

"Jadi untuk mengenang jasa para pahlawan yang ada di wilayah Cangkringan dan seputaran Sleman ini," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Glagaharjo, Suroto mengatakan upacara bendera untuk menyongsong HUT RI ke-77 di Bukit Klangon ini digelar rutin setiap tahun.

Ia menjelaskan, Bukit Klangon dipilih sebagai lokasi pengibaran bendera Merah Putih raksasa karena dulu merupakan tempat pertempuran Belanda melawan para pejuang di wilayah Cangkringan.

"Kenapa di sini menjadi untuk pengibaran bendera Merah Putih tiap tahun kita adakan adalah di sini tempat pertempuran dulu Belanda dengan para pejuang kita di wilayah Glagaharjo utamanya di wilayah Cangkringan ini," ucapnya.

Kegiatan upacara bendera ini tidak hanya diikuti oleh perangkat Kelurahan Glagaharjo dan warga setempat, namun juga melibatkan TNI, Polri, dan komunitas relawan.