Find Us On Social Media :

Kembangkan Program Eduwisata Malam GLOW, Kebun Raya Bogor Lanjutkan Penelitian Demi Menjaga Konservasi Tumbuhan dan Sejarah Budaya Sunda

By Grid, Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:09 WIB

Kebun Raya Bogor kembangkan Eduwisata Malam

Grid.ID – Mengacu kepada surat dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Nomor B-2406/III.5/DI.03.01/7/2022 tentang Informasi Hasil Kajian Analisa ALAN (Artificial Light at Night) dengan cahaya buatan pada program GLOW Kebun Raya sudah dilakukan selama enam bulan atau fase T0 dan T1, maka tahapan riset selanjutnya adalah fase T2 agar hasil penelitian lebih komprehensif diperlukan elemen manusia yang hadir didalamnya.

Pada tahapan riset T2 ini Kebun Raya mengundang pengunjung secara terbatas untuk melengkapi hasil kajian secara komprehensif, jadi tidak benar adanya penjualan tiket pada tahap ini.

Beredar info dijualnya tiket setelah kami konfirmasi ternyata itu bukan tiket tetapi struk pembayaran stall makanan di kebun raya dan gelang tanda registrasi.

GLOW berlanjut sebagai bagian dari lanjutan riset dengan mengundang pengunjung secara terbatas dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa, keluarga, anak didik dan dari kalangan akademisi sampai individu dari berbagai profesi.

Jumlahnya pun dibatasi maksimal 500 orang setiap malamnya.

Oleh sebab itu aktifitas Kebun Raya malam dilakukan setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu untuk kebutuhan riset, durasinya hanya 3 jam mulai pukul 19.00 wib sampai dengan pukul 22.00 wib dan luasan area Glow di dalam kebun raya hanya 3% dari total luasan Kebun Raya Bogor seluas 87 hektare.

Selama riset fase T2 berlangsung tidak ada tiket yang harus dibayar oleh pengunjung, sebab ini merupakan bagian dari program (CSR) Corporate Social Responsibility PT Mitra Natura Raya sebagai mitra kebun raya untuk masyarakat umum dan warga Bogor khususnya.

Silahkan warga Bogor yang ingin mengetahui program pendidikan kebun raya di malam hari dapat hadir langsung pada hari jumat-minggu.

Adapun hasil riset T0 dan T1 disampaikan tidak ada dampak yang merusak tumbuhan di kebun raya oleh Kepala Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya, dan Kehutanan BRIN Dr. Andes Hamuraby Rozak, namun demikian tahapan T2 dengan menghadirkan elemen manusia di dalamnya perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil riset yang lebih komprehensif dari peneliti Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

Peneliti BRIN telah menyampaikan langsung hasil riset tahapan T0 dan T1 kepada Walikota Bogor Bima Arya bahwa sampai dengan riset tahapan T1 hasilnya tidak ada dampak pengaruh yang signifikan terhadap pohon-pohon yang disinari oleh cahaya buatan.

Baca Juga: Taman Cantik Dalam Rumah Kaca, Pengunjung Kebun Raya Bedugul Bali Kini Bisa Menikmati Indahnya Taman Tematik Eka Karya

Munculnya polemik dari sekelompok orang yang mengatasnamakan budayawan sangat tidak beralasan, beredarnya narasi miring dari kelompok Aliansi Budayawan mengatakan GLOW adalah tempat Dugem, mengundang kemaksiatan, beredarnya minuman alkohol, tentu itu tidak benar.