Find Us On Social Media :

Pendekatan Hyperlocal, Tokopedia Perluas Jangkauan UMKM di Penjuru Indonesia

By Corry Wenas Samosir, Jumat, 19 Agustus 2022 | 12:07 WIB

Platform Tokopedia  yang kini terdiri dari lebih dari 10 juta penjual dan hampir 100%nya UMKM, terus mendukung kepada pegiat usaha lokal melalui inisiatif hyperlocal.

Laporan Wartawan Grid.ID, Corry Wenas Samosir

Grid.ID - Platform Tokopedia  yang kini terdiri dari lebih dari 10 juta penjual dan hampir 100%nya UMKM, terus mendukung kepada pegiat usaha lokal melalui inisiatif hyperlocal.

Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh Indonesia bertumbuh dan berkembang.

Termasuk dari industri fesyen dan kecantikan punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

"Pendekatan Hyperlocal diterapkan di berbagai kampanye, seperti Cantik Fest, Women In Style, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi. Jadi, pelaku UMKM fesyen dan kecantikan dari Sabang sampai Merauke tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar," kata Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata dalam media gathering, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2022).

Di kategori Fesyen, sandal wanita, pakaian dalam wanita, tas selempang, t-shirt, blouse dan daster, serta sneakers wanita adalah beberapa produk paling laris.

Di kategori Kecantikan, pembersih, serum, krim, sunblock, hingga paket perawatan wajah menjadi beberapa produk paling populer.

Tokopedia juga membagikan penemuan menarik lain sepanjang Agustus 2021-Agustus 2022.

Di wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi pada kategori Fesyen yakni Kab. Biak Numfor, Humbang Hasundutan, Muaro Jambi, Waropen dan Sabu Raijua (rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat)

Selanjutnya wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada kategori Fesyen: Kab. Muaro Jambi, Halmahera Tengah, Tebo, Waropen dan Sabu Raijua.

Kemudian wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi pada kategori Kecantikan: Kab. Muaro Jambi, Tanah Datar, Solok, Agam dan Biak Numfor (rata-rata peningkatan 4 kali lipat).

Terakhir wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada kategori Kecantikan: Kab. Halmahera Tengah, Muaro Jambi, Solok, Tebo dan Tanah Datar.