Find Us On Social Media :

'Kalo Dibelek Darahnya, Ada PU di Dalamnya' Emil Dardak Ungkap Pesan Ayahnya di Hadapan Menteri PUPR, Ungkap Besarnya Dedikasi sang Ayah untuk Negara

By Annisa Dienfitri, Minggu, 21 Agustus 2022 | 11:27 WIB

Jenazah ayah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Achmad Hermanto Dardak, telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2022).

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Dienfitri

Grid.ID - Kehilangan sosok ayah, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak teringat pesan Achmad Hermanto Dardak semasa hidup.

Pesan sang ayah disampaikan Emil Dardak dalam pidatonya usai penguburan Achmad Hermanto Dardak di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2022).

Pesan sang ayah itu sekaligus disampaikan Emil Dardak di hadapan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, yang bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman.

Sebagai informasi, Achmad Hermanto Dardak mendedikasikan hidupnya sampai akhir hayat dengan berkarier di Kementerian PUPR.

Achmad Hermanto Dardak pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010-2014 lalu.

Insinyur sipil ini kemudian menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR periode 2014−2016.

Di tahun 2014, Hermanto Dardak menjadi orang Indonesia pertama yang memperoleh penghargaan paling bergengsi dunia di bidang pembangunan jalan (Road Sector), yaitu International Road Federation (IRF) Professional of the Year.

Sebagai anak, Emil Dardak mengenang sosok Hermanto Dardak bukan sekadar ayah atau suami bagi istrinya, Sri Widayanti.

Lebih dari sekadar kepala keluarga, Emil menyaksikan sendiri perjalanan karier Hermanto yang penuh dengan dedikasi.

Dedikasi Hermanto terhadap pekerjaannya tercermin dari pesan yang selalu disampaikan pada Emil.

"Beliau selalu berpesan jangan jadi orang yang kerja di PU (Pekerjaan Umum), tapi jadilah orang PU," ujar Emil dalam pidatonya.