Find Us On Social Media :

Bakal Kembali Digelar, Ternyata Begini Awal Mula Adanya Ajang IRONMAN di Seluruh Dunia!

By Virgilery Levana Clarence, Senin, 22 Agustus 2022 | 08:09 WIB

Ajang Ironman 70.3 akan kembali di gelar tepatnya pada 8 Oktober 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang sebelumnya direncanakan digelar pada 2020 lalu.

Laporan Wartawan Grid.ID, Virgilery Levana

Grid.ID - Ajang Ironman 70.3 akan kembali di gelar tepatnya pada 8 Oktober 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang sebelumnya direncanakan digelar pada 2020 lalu.

Berdasarkan penjelasan dari Andreas Kansil, Race Director IRONMAN 70.3 Lombok 2022, event yang diselenggarakan oleh Indonesia Sports and Events Management (ISM) ini menggabungkan tiga disiplin olahraga yaitu lari, sepeda, dan renang.

"Jadi sedikit cerita tentang IRONMAN itu suatu olahraga yang menggabungkan 3 disiplin yaitu renang, sepeda, lari yang sekarang disebut sebagai olahraga triathlon," ujar Andreas Kansil di Kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (21/8/2022).

Diketahui bahwa olahraga triathlon ini bahkan sudah ada sebelum adanya organisasi International Olympic Committee (IOC) dan World Trathlon.

Ajang ini sendiri sudah dipertandingkan sejak tahun '78, oleh beberapa anggota angkatan laut dari Amerika Serikat yang sedang mengadu kekuatan mereka di 3 bidang olahraga tersebut.

"Sebenarnya (IRONMAN) lahir lebih dulu daripada organisasi yang sekarang ada di bawah IOC world triathlon."

"IRONMAN itu pertama kali dipertandingkan di tahun '78, beberapa dari angkatan laut Amerika yang saling mengadu kekuatan mereka untuk sepeda, renang, dan lari di Hawai lalu terbentuklah lomba ini," jelas Andreas.

Jarak sesungguhnya dari ajarang Full IRONMAN ini yaitu berenang sejauh 3,8 KM kemudian, sepeda sejauh 180 KM dan lari sejauh 42 KM namun belum ada yang bisa menembus di angka itu dibuatlah Half IRONMAN.

"Saat itu lomba secara full ironman biasa disebut yaitu jaraknya 3,8 km dilanjutkan dengan 180 km sepeda dan full marathon 42 km lari."

"Seiring berjalannya waktu kemudian banyak mungkin yang belum siap dengan jarak seperti itu maka dibuatlah jarak 70.3 atau half IRONMAN," tutupnya.

Baca Juga: 'Peluang Atlet Indonesia Pasti Ada', Ikut Berpartisipasi dalam IRONMAN 70.3 Lombok 2022, Richard Sam Bera Yakin Indonesia Bisa Raih Juara

(*)