Find Us On Social Media :

'Sebagai Bentuk Apresiasi' Tetap Undang Keluarga Mendiang Brigadir Yosua untuk Wisuda, Rektor UT Ojat Darojat Ungkap Alasannya

By Virgilery Levana Clarence, Selasa, 23 Agustus 2022 | 13:57 WIB

Ojat Darojat, Rektor Universitas Terbuka mengatakan bahwa UT sengaja mengundang Samuel Hutabarat dalam rangka Brigadir J diwisuda.

Laporan Wartawan Grid.ID, Virgilery Levana

Grid.ID - Hari ini, Selasa (23/8/2022) mendiang Brigadir Yosua Hutabarat atau Brijadir J seharusnya melakukan wisuda di Universitas Terbuka (UT) dan mendapatkan gelar sebagai Sarjana Ilmu Hukum.

Namun, karena kepergiaan Brigadir Yosua untuk selama-lamanya, akhirnya penyerahan ijazah kelulusan tersebut diwakilkan oleh sang ayah, Samuel Hutabarat.

Ojat Darojat, Rektor Universitas Terbuka mengatakan bahwa UT sengaja mengundang Samuel Hutabarat sebagai bentuk apresiasi dan juga ungkapan bela sungkawa dari Civitas Universitas Terbuka.

"Kami Universitas Terbuka pada kesempatan ini mengundang kepada kedua orangtua dari Ananda Nofriansyah Yosua Hutabarat untuk wisuda di UT sebagai apresiasi, sebagai ungkapan belasungkawa kepada keluarga," ujar Ojat Darojat ditemui di Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Selasa (23/8/2022).

Bagi Ojat, undangan terhadap keluarga dari mendiang Brigadir Yosua untuk hadir dalam wisuda sang anak adalah sebuah kewajiban dari sebuah instansi pendidikan perguruan tinggi.

Selanjutnya Ojat juga mengatakan bahwa pihak UT sudah melakukan komunikasi sejah lama untuk mengundang kedua orangtua dari mendiang Brigadir Yosua agar dapat hadir dalam acara wisuda ini.

"Kedua orangtua terutama ayahnya bisa mewakili karena merupakan kewajiban kita sebagai Universitas Perguruan Tinggi untuk menyampaikan ijasah dan transkrip nilai dari yang bersangkutan, dan kami sudah melakukan komunikasi jauh-jauh hari kepada keluarga," lanjut Ojat.

Kesungguhan untuk mengundang keluarga mendiang Brigadir Yosua pada acara wisuda dibuktikan oleh pihak Universitas Terbuka dengan memberikan fasilitas yang lengkap kepada Samuel Hutabarat seperti membeli tiket pesawat.

Dengan kehadiran Samuel pada acara wisuda sang anak, Ojat Darojat mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersykur karena Samuel Hutabarat bisa hadir.

"Kepada ayahanda almarhum agar UT diberi kesempatan untuk bisa mengundang dan hadir di tempat ini dan fasilitas penuh dari Universitas Terbuka,"

"Dan alhamdulillah pada kesempatan ini kita saksikan Bapak Samuel Hubarat dapat hadir di tengah-tengah kita mewakili Ananda Nofriansyah Yosua Hutabarat untuk bisa mengikuti kegiatan wisuda di Univ. Terbuka," tutupnya.