Find Us On Social Media :

Rayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, Rumah Sakit UKRIDA Gelar Bakti Sosial dan Sunatan Massal

By Grid, Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:03 WIB

Rumah Sakit UKRIDA Gelar Bakti Sosial

Grid.ID - Usai berkolaborasi dengan beberapa lembaga dalam menyelenggarakan operasi katarak gratis, kali ini Rumah Sakit UKRIDA bersama dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Kristen Krida Wacana (FKIK UKRIDA), serta Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), mengadakan bakti sosial berupa sunatan massal, yang menyasar sebanyak dua ratus anak laki-laki usia 5 hingga 17 tahun.

Acara bertema “Rayakan Kemerdekaan dengan Sunatan Massal” ini untuk pertama kalinya diadakan di RS UKRIDA.

Tujuannya adalah membantu meringankan beban para orangtua, khususnya mereka yang kurang mampu.

Juga merealisasikan landasan nilai RS UKRIDA, yaitu rhema (melayani dengan cinta kasih sesuai firman Tuhan) dan eirene (mendukung terwujudnya masyarakat damai sejahtera), serta mewujudkan pengabdian RS UKRIDA bagi bangsa dan negara.

“RS UKRIDA dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, mempersembahkan layanan sunatan massal agar masyarakat bisa merayakan hari dirgahayu dengan satu kesukaan dalam mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas," ujar dr. Eka Widrian Suradji, PhD, direktur RS UKRIDA.

Kegiatan sunatan massal ini lahir dari kepedulian RS UKRIDA, untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat, secara khusus mereka yang berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Pasalnya, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan sunat atau sirkumsisi rata-rata sekitar Rp 500 ribu.

Tentunya, jika tindakan medis ini bisa diberikan secara cuma-cuma, bisa membantu meringankan warga tersebut.

Manfaatnya pun tidak sedikit.

Dari segi kesehatan, sunat bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit menular seksual, mencegah penyakit pada penis (misalnya nyeri pada kepala atau kulup penis yang disebut fimosis), mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih yang berkaitan dengan masalah ginjal, mengurangi risiko terjadinya kanker penis, dan mengurangi risiko kanker serviks pada pasangan.

Baca Juga: Employee Outing di Kebun Raya Bali: Semarak Kemerdekaan, Rayakan Kebersamaan

“Saya percaya, saat kita melakukan satu tindakan kebaikan dengan menebarkan akar ke segala arah, akar itu akan tumbuh dan membuat pohon baru,” ujar Wakil Ketua Umum Departemen Sosial Kemasyarakatan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Pusat Lusiana Oey.